Pilpres 2024

Pilpres 2024: Komentar Pengamat Soal Ganjar Pranowo yang Terpinggirkan, Risiko PDIP Bila Usung Puan

Ujang berpendapat Ganjar Pranowo sangat mungkin melirik partai lain bila PDI Perjuangan justru kian jauh karena memilih Puan Maharani di Pilpres 2024

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
ist
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo - Pengamat menilai Ganjar Pranowo punya peluang lewat partai lain di Pilpres 2024 

TRIBUNJOGJA.COM - Seiring waktu berjalan menuju Pilpres 2024, PDI Perjuangan belum menentukan siapa sosok yang akan maju Capres-Cawapres di Pilpres 2024. Walau demikian, kesan kecenderungan PDI Perjuangan memperjuangkan Puan Maharani ketimbang Ganjar Pranowo, jelas terlihat di kalangan pengamat politik. 

Hal itu bahkan dikomentari Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin.

Ujang melontarkan pendapatnya terkait kemungkinan sosok figur yang akan diusung PDI Perjuangan berdasarkan situasi yang berkembang sejauh ini.

Ia menyatakan pendapatnya, PDIP terlihat cenderung memperjuangkan Puan Maharani untuk maju di Pilpres 2024. 

Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo (dok.via Tribunnews)

Sementara, menurutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sejauh ini memiliki elektabilitas tinggi justru terpinggirkan.

Hal itu menurutnya, bisa membuat Ganjar Pranowo bermanuver ke partai lain untuk Pilpres 2024.

"Dengan situasi seperti saat ini, suka tidak suka, senang tidak senang, maka celah Pak Ganjar adalah harus berangkat dari partai lain," kata Ujang kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Ujang mengatakan, PDI-P memang tampak tidak memihak Ganjar Pranowo sejak lama. Ia memberikan contoh ketika Ganjar Pranowo kerap tidak diundang di acara PDI-P yang digelar di wilayahnya di Semarang, Jawa Tengah.

Pengamat politik tersebut juga mengungkit sikap para elite partai banteng yang pernah menyentil Ganjar, menyebutnya sebagai sosok yang kelewat ambisius untuk maju sebagai capres.

Dengan kondisi semacam itu, Ujang berpendapat Ganjar Pranowo sangat mungkin melirik partai lain bila PDI Perjuangan justru kian jauh karena memilih Puan Maharani.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved