Ratu Elizabeth II Meninggal

Pemakaman Ratu Elizabeth II Digelar Besok, Disiarkan Langsung di Layar Besar dan 125 Bioskop

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada Senin (19/9/2022). Pemakaman akan disiarkan langsung di seluruh Inggris melalui layar besar

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
DOK. BBC
Mobil jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Istana Buckingham, Selasa (13/8/2022) pukul 20:00 waktu setempat, diiringi tepuk tangan dan sorakan ribuan warga Inggris yang datang. 

Tribunjogja.com - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada Senin (19/9/2022). Pemakaman akan disiarkan langsung di seluruh Inggris melalui layar besar hingga di 125 bioskop di wilayah setempat.

Acara tersebut juga bakal ditayangkan di seluruh stasiun tv lainnya, menurut laporan Sky News.

Kementerian Kebudayaan, Media dan Olahraga Inggris (DCMS) mengatakan, pemakaman Ratu Elizabeth II akan ditampilkan di berbagai lokasi termasuk Hyde Park di London, Centenary Square di Birmingham, Balai Kota Coleraine di County Londonderry Irlandia Utara, dan Taman Holyrood di Edinburgh.

DAFTAR Sejumlah Tamu Penting yang Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di London 19 September 2022
DAFTAR Sejumlah Tamu Penting yang Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di London 19 September 2022 (YouTube The Royal Family)

Ratusan ribu orang yang melayat akan memadati jalan-jalan dari London ke Windsor di Berkshire. Lebih dari 10.000 polisi bertugas di acara ini, yang merupakan pengerahan polisi terbesar dalam sejarah Inggris.

Sementara itu, Pemerintah Inggris menyarankan orang-orang untuk merencanakan dan mempersiapkan penundaan perjalanan.

Sebanyak 500 pejabat asing juga akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey bersama 2.000 tamu termasuk politisi, pegawai negeri, beberapa selebriti, dan sejumlah masyarakat terpilih untuk kegiatan amal atau komunitas.

Baca juga: Melayat Ratu Elizabeth II, David Beckham Datang Pukul 2 Pagi, Antre 12 Jam bersama Warga Lainnya

Setelah kebaktian pada Senin, peti mati mendiang ratu akan dibawa ke Windsor dengan mobil jenazah negara lalu menuju Kapel St George di Kastil Windsor melalui Long Walk.

Pada pukul 10.44 waktu setempat, peti mati Ratu Elizabeth II akan dipindahkan dari Istana Westminster ke Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan yang akan dimulai jam 11.00, dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama dua menit mulai 11.55.

Prosesi publik akan dimulai pukul 12.15 saat peti mati Yang Mulia dibawa dari Westminster Abbey ke Wellington Arch di London.

Peti mati Ratu Elizabeth II selanjutnya dibawa dari Wellington Arch oleh State Hearse ke Windsor, lokasi Yang Mulia akan dimakamkan. Momen Refleksi Nasional berupa mengheningkan cipta selama satu menit akan berlangsung pada Minggu (18/9/2022) pukul 20.00 waktu setempat.(*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved