Gaspol 52

Bak Harta Karun, VW Combi Dakota 1959 Ini Ditemukan Terbengkalai Belasan Tahun di Yogyakarta

VW Kombi Dakota ini dulunya dioperasikan sebagai ambulance di sebuah rumah sakit swasta di Kota Yogyakarta.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ HANIF SURYO
VW Kombi Dakota dievakuasi Kawan Lama VW Service setelah terbengkalai belasan tahun di sebuah garasi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Transporter atau Kombinationskraftwagen (disingkat Kombi), merupakan salah satu mobil ikonik yang sudah lama beredar.

Tak heran, mobil van yang diperkenalkan pertama kali pada 1950 silam kini telah menjadi legenda di dunia otomotif karena usianya yang cukup tua.

Panjangnya sejarah serta banyaknya varian mobil VW Kombi membuat harganya dipatok suka-suka.

Itupun tergantung variannya, seperti VW Split Bus atau dikenal di Indonesia Kombi Dakota, satu di antara varian langka di Indonesia yang keberadaannya paling banyak diburu para kolektor.

Sekadar informasi, nama 'Dakota' yang hanya populer di Indonesia, lantaran bentuk kaca depannya yang terbelah dua mirip pesawat DC-3 Dakota.

Nah, beberapa waktu lalu Gaspol 52 Tribun Jogja berkesempatan melihat langsung proses evakuasi VW Kombi Dakota lansiran 1959 yang terbengkalai belasan tahun dalam garasi di sebuah wilayah di sebelah barat daya Sleman.

Ialah Susilo, owner dari Kawan Lama VW Service yang beruntung memiliki VW Kombi generasi pertama type 2 atau diberi nama T1 ini, dan rencananya mobil van ini akan ia restorasi di bengkel miliknya yang terletak di Kedulan Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.

"Jadi pertama kali muncul ide untuk membeli kendaraan ini bersumber dari informasi teman, bahwa ada unit (VW Kombi) yang bagus. Lalu kita bertemu dengan ownernya, dan singkat cerita (setelah negosiasi), unit ini berpindah ke tangan saya," ujar Susilo kepada Gaspol 52 Tribun Jogja.

Selain VW Kombi Dakota merupakan varian yang langka di Indonesia, Susilo mengungkapkan ketertarikan utamanya meminang mobil van ini lantaran ada cerita unik dibaliknya.

Ya, VW Kombi Dakota ini dulunya dioperasikan sebagai ambulance di sebuah rumah sakit swasta di Kota Yogyakarta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved