Jalan Tol Yogyakarta Bawen

Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 5 Temanggung-Ambarawa Lintasi Perbukitan, Dibangun Terowongan 500 Meter

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen harus dilakukan pembangunan tunnel atau terowongan sepanjang 500 meter menimbang kondisi medan yang berupa perbukitan.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Iwan Al Khasni
pu.go.id
Ilustrasi- Tol Yogyakarta Seksi 5 (Temanggung-Ambarawa) akan menjadi seksi terakhir yang menjadi prioritas konstruksi untuk melengkapi pengoperasian Jalan Tol Yogyakarta-Bawen 

Tribunjogja.com - Proyek pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sudah mulai dikerjakan pada Seksi 1 di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadwal selanjutnya adalah proses pembebasan lahan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang berada di wilayah Jawa Tengah, mulai dari Magelang, Temanggung, Ambarawa hingga Semarang.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) Dwi Winarsa mengungkapkan, saat ini telah mengantongi penetapan lokasi (penlok) untuk trase yang di Jawa Tengah.

Pihaknya mengaku siap berkolaborasi dengan tim BPN dan PPK Pengadaan Lahan Provinsi Jawa Tengah, untuk mengupayakan proses pembebasan lahan berjalan sesuai target.

Pembebasan lahan tersebut juga mengakomodir untuk penambahan luas Right of Way (ROW) sebanyak 38 persen atau sekitar 18,8 hektar di seputar Selokan Mataram, yang masuk sebagai zonasi cagar budaya.

"Akibat adanya zonasi pada Cagar Budaya Saluran Mataram dan rekomendasi Dewan Pertimbangan Pelestarian Warisan Budaya (DP2WB) Daerah Istimewa Yogyakarta agar lokasi bangunan pondasi atau kolom tidak berada pada zona inti atau di luar jalan inspeksi Saluran Mataram.

"Mengenai penambahan lingkup terkait zonasi Cagar Budaya Saluran Mataram, saat ini PT JJB terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk perubahan penlok ini, termasuk melakukan kegiatan sosialisasi rencana penambahan lahan di desa-desa," kata dia.

Jika proses pembebasan lahan di Jawa Tengah berjalan sesuai dengan target yang direncanakan, maka prioritas konstruksi selanjutnya berada di seksi 6 yaitu Ambarawa-Bawen.

Jalan ini akan terhubung dengan Jalan Tol Semarang-Solo.

Selanjutnya, progres kontruksi dilanjutkan pada tiga seksi lainnya secara bersamaan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved