Ratu Elizabeth II Meninggal

Fakta Unik dan Keistimewaan Peti Mati Jenazah Ratu Elizabeth II

Sesuai tradisi kerajaan, peti mati Ratu Elizabeth II itu dilapisi dengan timah, yang membantu melestarikan jenazah lebih lama.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
DOK. BBC
Mobil jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Istana Buckingham, Selasa (13/8/2022) pukul 20:00 waktu setempat, diiringi tepuk tangan dan sorakan ribuan warga Inggris yang datang. 

Tribunjogja.com - Jenazah Ratu Elizabeth II telah tiba di rumahnya, Istana Buckingham, London, Inggris.

Jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Istana Buckingham pada Selasa (13/9/2022) sekitar pukul 20:00 waktu setempat.

Sebelum sampai Istana Buckingham, jenazah Ratu Elizabeth II  menempuh perjalanan udara dari Kota Edinburgh, Skotlandia menuju Kota London, Inggris.

Mobil jenazah Ratu Elizabeth II masuk ke di Istana Buckingham, Selasa (13/8/2022) pukul 20:00 waktu setempat, diiringi tepuk tangan dan sorakan ribuan warga Inggris yang datang.
Mobil jenazah Ratu Elizabeth II masuk ke di Istana Buckingham, Selasa (13/8/2022) pukul 20:00 waktu setempat, diiringi tepuk tangan dan sorakan ribuan warga Inggris yang datang. (DOK. BBC)

Peti mati Ratu Elizabeth II yang pada Selasa (13/9/2022) diletakkan di Edinburgh, telah siap selama lebih dari 30 tahun, direktur pemakaman kerajaan Inggris mengungkapkan.

Andrew Leverton yang menjalankan Leverton & Sons, firma keluarga pengurus jenazah independen dari Camden London utara, dilaporkan telah mengerjakan pemakaman kerajaan sejak 1991.

Dalam sebuah wawancara dengan The Times, dia menjelaskan bahwa perusahaannya mewarisi peti mati yang telah dibuat khusus untuk Ratu Elizabeth II oleh direktur pemakaman kerajaan sebelumnya.

“Ini terbuat dari kayu ek Inggris, yang sangat sulit didapat. Peti mati kayu ek sekarang dibuat dari kayu ek Amerika. Saya tidak berpikir kita bisa menggunakan kayu ek Inggris untuk peti mati sekarang. Itu akan terlalu mahal,” katanya ketika itu sebagaimana dilansir Daily Mail pada Rabu (13/9/2022).

Sesuai tradisi kerajaan, itu dilapisi dengan timah, yang membantu melestarikan jenazah lebih lama.

Baca juga: Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba di Istana Buckingham, Sorakan Warga Mengiringi di Tengah Hujan

Leverton menjelaskan peti mati tersebut telah disiapkan selama beberapa dekade, karena “bukan sesuatu yang bisa Anda buat dalam sehari.”

“Ada perlengkapan di tutup peti mati yang memungkinkan instrumen negara dipasang,” tambahnya.

Pemakaman kenegaraan Yang Mulia Ratu Elizabeth II akan berlangsung di Westminster Abbey, London pada pukul 11 pagi pada Senin (19/9/2022).

Ini akan menjadi upacara pemakaman pertama di Westminster Abbey - yang merupakan latar belakang dari banyak kehidupan menakjubkan sang Ratu, dari pernikahannya dengan Duke of Edinburgh yang dicintainya hingga Penobatan - untuk seorang pemimpin monarki Inggris sejak Raja George II pada 1760.

Tempuh Perjalanan Darat 6 Jam, Jenazah Ratu Elizabeth II Kini Telah Tiba di Edinburgh
Tempuh Perjalanan Darat 6 Jam, Jenazah Ratu Elizabeth II Kini Telah Tiba di Edinburgh (DOK. PA Media via BBC)

Pemakaman raja dan ratu telah dilakukan di Kapel St George di Windsor sejak pemerintahan George III.

Namun Ratu Elizabeth II, yang meninggal di Balmoral pada Kamis (8/9/2022) dalam usia 96 tahun setelah berbulan-bulan mengkhawatirkan kesehatannya, memutuskan pemakamannya harus di tempat yang jauh lebih besar yakni di Westminster Abbey.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved