Berita Jogja Hari Ini

Puluhan Patung Karya Seniman API Hadir dalam Pameran di Taman Budaya Yogyakarta

Sebanyak 63 patung dari hasil karya 57 seniman yang tergabung dalam Asosiasi Pematung Indonesia (API) Daerah Istimewa Yogyakarta dipamerkan pada

TRIBUNJOGJA.COM/ Neti Rukmana
Suasana Pameran Patung Journey di Taman Budaya Yogyakarta, Senin (12/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 63 patung dari hasil karya 57 seniman yang tergabung dalam Asosiasi Pematung Indonesia (API) Daerah Istimewa Yogyakarta dipamerkan pada Pameran patung 'Journey'.

Ketua API Yogyakarta, Khusna Hardianto, mengatakan, agenda itu berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta, selama sepekan atau tepat selama 12-18 Agustus 2022, setiap pukul 10.00-20.00 WIB.

"Sebenarnya agenda itu merupakan bagian dari perayaan HUT ke-22 API yang jatuh pada Juli 2022. Namun, karena ada beberapa faktor tertentu maka kami ingin menggelar pameran pada September 2022," kata Khusna kepada Tribunjogja.com di Taman Budaya Yogyakarta, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Dagelan Mataram Rebon Tampilkan Pengabdi Satpam di Taman Budaya Yogyakarta

Selama pameran itu berlangsung, akan ada bincang-bincang seni, battle sculpture, hingga performance art.

Tidak hanya itu saja, hadirnya pameran tersebut diharapkan menumbuhkan atau me-regenerasi pelaku seniman patung lebih banyak lagi. 

Tujuannya untuk melestarikan perkembangan seni patung melalui talenta-talenta muda.

Dalam pembukaan Pameran Journey, Titiana Irawani selaku putri dari almarhum Maestro Pematung Indonesia yang bernama Edhi Sunarso, hadir dan mengapresiasi pelaksanaan tersebut.

"Saya salut dengan adanya pameran itu. Karena bisa menjembatani antara pematung muda atau yang baru lahir hingga pematung senior baik itu yang masih ada maupun telah tiada. Jadi, kesinambungan itu selalu ada dan bisa memberi inspirasi bagi pelaku seni patung di Indonesia," ucapnya.

Ia turut mengharapkan, pameran itu dapat terus berlanjut pada kemudian hari. 

Besar harapannya kepada pematung realis baru untuk turut terlibat dalam seni patung di Indonesia. 

Pasalnya, Titiana menyebut, pematung realis di Indonesia saat ini mulai susah ditemui.

Baca juga: Pemkab Sleman Kebut Penyelesaian 2 Persen Sanitasi Belum Layak di Wilayahnya

"Mudah-mudahan, ke depan lahir pematung realis itu di Indonesia, khususnya di Yogyakarta," pinta Titiana.

Di temui secara terpisah, satu di antara Kurator senior di Yogyakarta, Soewardi, menyampaikan, pelaksanaan pameran itu akan terus ada pada setiap tahunnya dengan tajuk yang sama namun tema yang berbeda.

"Karena adanya pameran journey menjadi catatan perjalanan awal API dari 2000-2022. Menurut saya, catatan-catatan itu juga layak untuk dikenang secara terus menerus," ujarnya. (Nei)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved