Berita TNI

Pernyataan Tegas Jenderal Andika Tanggapi Isu Ketidakharmonisan Panglima TNI & KSAD Jenderal Dudung

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan dirinya tidak ada masalah dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Tribunnews/Irwan Rismawan
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 

TRIBUNJOGJA.COM - Perihal isu ketidakharmonisan hubungan Panglima TNI dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang diangkat dalam raker Komisi I DPR dengan Kemenhan dan TNI di Kompleks Parlemen, ditanggapi oleh Jenderal Andika Perkasa

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan bahwa selama ini masing-masing menjalankan tugas sesuai aturan perundangan. 

Jenderal Andika mengatakan tidak ada kegiatan dan tugas yang melenceng karena semua yang dilakukan sesuai aturan perundangan.

"Ya, dari saya tidak ada (masalah) karena semua yang berlaku sesuai peraturan perundangan tetap berlaku selama ini, jadi enggak ada yang kemudian berjalan berbeda," kata Andika.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat meninjau serbuan vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun di SD Plebengan Bambanglipuro Bantul, Jumat (31/12/2021)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat meninjau serbuan vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun di SD Plebengan Bambanglipuro Bantul, Jumat (31/12/2021) (TRIBUNJOGJA.COM/ Ahmad Syarifudin)

Ia pun menegaskan bahwa dirinya tidak ada masalah dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Pernyataannya itu untuk menanggapi isu hubungannya dengan Jenderal Dudung yang dibahas dalam raker Komisi I DPR dengan Kemenhan dan TNI di Kompleks Parlemen, Senin (5/9/2022).

Jenderal Andika mengungkapkan, selama menjabat sebagai Panglima TNI, dia hanya menjalankan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) sesuai dengan peraturan perundangan.

Bukan menjadi masalahnya jika peraturan tersebut dianggap berbeda oleh pihak lain.

"Manakala hal itu diterima berbeda A, B, C, ya itu terserah bagaimana menyikapi, tapi saya tetap melakukan tugas pokok fungsi saya sesuai dengan peraturan perundangan," jelas dia.

Jenderal Andika juga ia tidak mau berkomentar mengenai Dudung. Dia meminta hal itu ditanyakan langsung kepada Dudung.

"Itu ditanyakan langsung aja. Menurut saya kita tetap menjalankan kegiatan kita sesuai peraturan perundangan, jadi enggak ada yang berbeda, dan enggak ada yang kemudian melenceng dari tupoksi kita," jelas Andika.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI-P Effendi Simbolon sebelumnya diberitakan telah menyinggung hubungan tidak harmonis antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Ketidakharmonisan ini terlihat ketika Dudung kerap tidak hadir di momen yang sama dengan Jenderal Andika, termasuk dalam rapat dengan Komisi I DPR RI hari ini.

Sedianya, Dudung hadir dalam rapat dengan Komisi I DPR hari ini. Namun, dia diwakili Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved