Berita Bisnis Terkini

Lewat Inisiatif Hyperlocal, Tokopedia Dukung UMKM Lokal di Bidang Otomotif

Selama 13 tahun Tokopediakonsisten mendorong pertumbuhan UMKM di berbagai bidang, termasuk industri otomotif, lewat berbagai inisiatif hyperlocal.

Penulis: Gaya Lufityanti | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Kampanye kategori otomotif Tokopedia Garage juga mencatat kenaikan transaksi sebesar hampir 6x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode sama 2021. Malang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Yogyakarta menjadi daerah dengan jumlah transaksi tertinggi pada kampanye Tokopedia Garage. 

Tribunjogja.com - Selama 13 tahun Tokopedia terus konsisten mendorong pertumbuhan UMKM di berbagai bidang, termasuk industri otomotif, lewat berbagai inisiatif hyperlocal.

Seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) hingga Tokopedia Garage.

“Data internal Tokopedia mencatat terjadi kenaikan jumlah transaksi kategori otomotif sebesar hampir 1,5x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode sama 2021. Audio & video mobil, ban mobil, aksesori motor, alat berat dan aksesori pengendara motor pun menjadi produk kategori otomotif yang paling diminati masyarakat setahun terakhir,” ujar Head of Regional Growth Expansion Tokopedia , Nafisah Wulandari melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com .

Baca juga: Tokopedia Bagikan Tips Tingkatkan Daya Tarik Toko Lewat Foto Produk yang Menarik

Jaka Pradana, Ciptakan Peluang lewat Produk Perawatan Mobil dan Motor Lokal Berkualitas

Berawal dari keresahan karena sulitnya untuk mendapatkan produk lokal yang menjual perawatan kendaraan dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, Jaka Pradana (pria asal Surabaya) memutuskan untuk membuat formula sendiri untuk perawatan kendaraannya dan mendirikan Auto Fusionpro.

Saat ini, ada lebih dari 10 jenis produk yang dihadirkan seperti paket perawatan kaca dan body mobil, penghilang jamur, hingga penghitam dan pengkilap mobil.

“Dalam mengembangkan produk, kami selalu mencari keunikan namun tetap memperhatikan melihat kebutuhan pasar. Seperti saat ini kami fokus mengembangkan produk perawatan kendaraan di iklim tropis yang belum pernah ada sebelumnya,” ujarnya.

Jaka pun memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia untuk memasarkan produknya sejak Mei 2019.

Ia terus aktif mengikuti program seperti KTP Surabaya dan beberapa inisiatif hyperlocal lainnya demi meningkatkan penjualan.

“Bahkan di awal pandemi, karena banyaknya yang menekuni hobi otomotif, penjualan kami naik hingga 2x lipat,” jelasnya.

Ia pun menggunakan beragam fitur di Tokopedia , seperti TopAds, Flash Sale dan Bebas Ongkir serta memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia demi memperluas pasar.

Baca juga: Kelas Maju Digital Ke-2: Tokopedia Bagikan Tips Bisnis Ramah Lingkungan, Keuntungan Tetap Jalan

“Dengan layanan Dilayani Tokopedia, pembeli kami kini bisa mendapatkan barang dengan lebih cepat. Sampai saat ini kami pun telah melakukan pengiriman hingga ke Aceh dan Papua.”

“Kami melihat antusiasme masyarakat di bidang otomotif terus berkembang di era digital ini. Karena itu, Tokopedia akan terus menghadirkan beragam program dan inisiatif demi mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hingga mendukung perkembangan para pelaku UMKM di bidang otomotif untuk semakin maju di Indonesia,” tutup Nafisah.

Di sisi lain, kampanye kategori otomotif Tokopedia Garage juga mencatat kenaikan transaksi sebesar hampir 6x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode sama 2021.

Malang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Yogyakarta menjadi daerah dengan jumlah transaksi tertinggi pada kampanye Tokopedia Garage. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved