Berita Bisnis Terkini

Kelas Maju Digital Ke-2: Tokopedia Bagikan Tips Bisnis Ramah Lingkungan, Keuntungan Tetap Jalan

KMD yang ke-2 akan memberi edukasi mengenai pentingnya membangun usaha yang berkelanjutan ke depannya.

Penulis: Gaya Lufityanti | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Pada KMD ke-2 yang akan diselenggarakan pada 30 Agustus 2022, Tokopedia akan berbagi ide bisnis ramah lingkungan beserta tips tentang cara menjalankan bisnis berkelanjutan agar tetap dapat meraih keuntungan. 

Tribunjogja.com - Setelah sukses menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KMD) di Juli 2022 dalam program kolaborasi Bangkit Bersama, Tokopedia bersama Gojek dan GoTo Financial terus bersinergi, dan kembali mengadakan KMD yang kedua tahun secara online pada 30 Agustus 2022, pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Webinar KMD yang pertama pada Juli lalu, sukses mengedukasi lebih dari 600 pelaku UMKM dari Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Tangerang, Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.

“Pada KMD yang ke-2 ini, akan membahas mengenai bisnis berkelanjutan sesuai dengan satu di antara pilar di G20 nanti. Bersama pembicara ahli di bidangnya, KMD memberi edukasi mengenai pentingnya membangun usaha yang berkelanjutan ke depannya,” ujar Head of Regional Growth Expansion Tokopedia , Nafisah Wulandari melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com .

Baca juga: Hadir Kembali, Program Kolaborasi Dilayani Tokopedia x BTS Siap Bagikan Postcard Hologram BTS

“Kami telah menjalankan beberapa program yang dilakukan dengan tujuan untuk berkontribusi kembali kepada komunitas dan lingkungan. Mulai dari #GerakanSapuPlastik hingga Chatime Kios yang dibangun dengan teknik bangunan prefabrikasi yang lebih ramah lingkungan,” ungkap seorang narasumber KMD kali ini Lany Cucu selaku GM Marketing Chatime PT Foods Beverages Indonesia.

Beberapa ide bisnis ramah lingkungan ini pun akan dibagikan kepada para peserta.

Selain itu, para peserta KMD kali ini pun akan mendapatkan tips menjalankan bisnis berkelanjutan ini dan cara agar tetap dapat meraih keuntungan dari seller yang telah terlebih dahulu menjalankan konsep bisnis ini.

“Kami sangat bangga bisa ambil bagian dalam perhelatan KMD kali ini. Semoga cerita yang kami bagikan nantinya dapat semakin menginspirasi lebih banyak UMKM lokal di Indonesia untuk menjalan konsep bisnis ramah lingkungan demi bumi yang lebih baik,” ucap Lany.

Seorang peserta KMD, pemilik usaha Yamanori Shoes, Polma Sitorus, mengungkapkan, “Hingga sekarang saya rutin mengikuti acara KMD. Acara edukasinya bagus dan menghadirkan pembicara ahli di bidangnya. Bulan lalu saya berkesempatan belajar langsung dari pendiri Aerostreet, karena produknya sama dengan yang saya jual. Semoga di KMD bulan ini saya bisa mendapat ilmu mengenai bisnis ramah lingkungan yang bisa diterapkan untuk usaha saya.”

Baca juga: Tokopedia Kenalkan Paket Berlangganan PLUS by GoTo

Setelah perhelatan di Juli dan Agustus ini, KMD Sesi 3 akan kembali hadir pada 30 September 2022, dengan topik edukasi lainnya serta turut melibatkan komunitas seller Keluarga Tokopedia (KTOP) dan Komunitas Retail Gojek (KONTAG) sebagai pembicara.

Tokopedia —yang menjadi bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia , dan GoTo Financial—terus konsisten menghadirkan KMD sebagai bagian dari inisiatif Hyperlocal. Harapannya lewat pendampingan ini dapat semakin mendukung para pelaku UMKM Indonesia lewat pemerataan pengetahuan berbisnis,” tutup Nafisah.

Masyarakat dan para pelaku UMKM yang ingin mengikuti KMD dapat mendaftar secara gratis melalui link. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved