Bacaan Doa

Doa Ketika Memasuki Bulan Safar dan Terjemahannya

Ada sejumlah amaliah dan doa khusus ketika memasuki bulan Safar dengan harapan menerima limpahan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
ist
Ilustrasi: Bulan Safar 

TRIBUNJOGJA.COM - Umat islam sudah memasuki bulan kedua dalam penanggalan hijriah, yaitu bulan Safar yang bertepatan awal bulan September 2022.

Masih banyak umat islam yang menganggap bulan Safar sebagai bulan kesialan.

Walau hanya mitos belaka, namun bulan Safar sama seperti halnya bulan - bulan islam lainnya.

Walau begitu, tak ada salahnya kita sebagai umat Islam selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT terhadap segala macam musibah dengan membaca doa saat memasuki bulan Safar.

Sebab, musibah bisa terjadi kapan saja, tak hanya di bulan Safar.

Ada sejumlah amaliah dan doa khusus ketika memasuki bulan Safar dengan harapan menerima limpahan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Dihimpun dari berbagai sumber, memasuki bulan Safar kita dianjurkan untuk berdoa, memohon kepada Allah agar kita dihindarkan dari segala keburukan bulan Safar.

Berikut ini doa ketika memasuki bulan Safar beserta artinya yang diajarkan oleh Habib Abu Bakar Al-‘Adni sebagaimana dikutip dari karyanya Mandzûmah Syarhil Atsar fî Mâ Warada ‘an Syahris Shafar :

سْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَعُوْذُبِا اللهِ مِنْ شَرِّ هَذَا الزَّمَانِ وَأَهْلِهِ. وَأَعُوذُبِجَلاَلِكَ وَجَلاَلِ وَجْهِكَ وَكَمَالِ جَلاَلِ قُدْسِكَ أَنْ تُجِيْرَنِي وَوَالِدَيَّ وَأَوْلاَدِيْ وَأَهْلِي وَأَحِبَّائِي. وَمَا تُحِيْطُ شَفَقَّهُ قَلْبِي مِنْ شَرِّ هَذِهِ السَّنَةِ وَقِنِي شَرَّمَا قَضَيْتَ فِيْهَا. وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّ شَهْرِ صَفَرَ. يَا كَرِيْمَ النَّظَرِ وَاخْتِمْ لِيْ فِي هَذَا الشَّهْرِ وَالدَّهْرِ بِاالسَّلاَمَةِ وَالعَافِيَةِ وَالسَّعَادَةِ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَأَوْلاَدِيْ وَلِلأَهْلِيْ. وَمَا تُحُوْطُهُ شَفَقَّهُ قَلْبِيْ وَجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Artinya : "Aku berlindung dengan Allah dari kejahatan waktu ini dan penduduknya, dan aku berlindung dengan keagunganmu, Keagungan Dzatmu dan Kesempurnaan Keagungan Kesucianmu, agar menjauhkan diriku, kedua orang tuaku, anak-anakku, keluargaku, orang-orang yang aku sayangi dan sesiapa yang hatiku kasih kepadanya, dari keburukan tahun ini.

Dan selamatkanlah aku daripada kejahatan yang telah engkau tetapkan dalam tahun ini dan jauhkanlah daripadaku keburukan bulan safar, Wahai Allah Yang Mulia pandangan rahmat-Nya dan tutuplah pada bulan dan saat ini dengan keselamatan, afiah dan kebahagiaan kepadaku kedua orang tuaku, anak-anakku dan sesiapa yang hatiku kasih kepadanya dan seluruh orang Islam.”

(MG HANIF RIZAL HIDAYAT)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved