HUT Kemerdekaan RI

Peringati HUT ke-77 RI, Warga Kota Magelang Sulap 1.200 Botol Bekas Menjadi Gapura Merah Putih

Bermodalkan botol bekas dipadukan dengan kreativitas yang tinggi. Warga Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Penampakan gapura merah putih di jalur alternatif Kali Kota,Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Selasa (16/08/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Bermodalkan botol bekas dipadukan dengan kreativitas yang tinggi. Warga Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang berhasil membuat sebuah gapura untuk menyambut HUT ke-77 RI.

Gapura yang diberi nama Pelita  (pemanfaatan limbah di sekitar kita) itu, terbuat dari 1200 botol bekas minuman berbagai ukuran.

Uniknya agar nuansa kemerdekaan semakin terasa,  botol bekas  diberi cat berwarna merah dan putih.

Baca juga: Senyum Manis di Sleman Siap Berikan Konsultasi Hukum 12 Jam Gratis untuk Masyarakat

Kemudian supaya badan gapura lebih kokoh, botol bekas dilekatkan pada kerangka besi dengan mengikuti bentuk yang sudah dikonsepkan sebelumnya.

Inisiator pembangunan gapura, Didik Eksanto mengatakan, ide pembuatan gapura berawal dari kecemasan melihat sampah botol bekas yang berserakan di lingkungannya.

"Idenya kebetulan ada botol2 bekas berserakan kadang sering kali di sungai terus diambil sama warga. Kemudian dikumpulkan, ini juga saya dibantu sama ibu-ibu setempat," ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa (16/08/2022).

Ia menambahkan, membutuhkan waktu seminggu lamanya untuk menyelesaikan gapura yang  memiliki ketinggian 4 meter tersebut.

Gapura diletakkan tepat pada jalur alternatif Kali Kota sehingga menjadi daya tarik bagi pengendara yang lewat jalan tersebut.

"Membutuhkan waktu penyelesaian sekitar semingguan. Sebenarnya ini masih banyak pekerjaan seperti memasang lampion sepanjang Kali Kota. Harapannya mau dipasang barang sudah ada, cuma waktunya  yang tidak nyampai," terangnya.

Baca juga: Tunanetra di Klaten Sampaikan Keinginan Baca Alquran Braille, Selama Ini Belajar Lewat Pendengaran

Sementara itu, Ketua RW setempat Agus Wahyudi mengaku, sangat mengapresiasi karya daripada warganya dalam membangun semarak HUT ke-77 RI.

"Alhamdulillah bisa membantu sedikit menjadikan bungah (senang) warga kami, kalau bisa dilihat dipandang karena kemarin juga sudah banyak yang selfie di sini," tutupnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved