Nasabah BSI di Jogja Bisa Tukarkan Botol Plastik Bekas Melalui Plasticpay dengan Uang, Ini Detilnya

"Masyarakat bisa berpartisipasi dengan menukarkan botol plastik dengan uang. Transaksi dilakukan melalui BSI Mobile, yang mana masyarakat bisa langsun

TRIBUNJOGJA.COM/ Christi Mahatma Wardhani
Nasabah BSI mengantri untuk menukarkan botol plastik menjadi uang melalui Plasticpay di Hotel Royal Ambarrukmo, Jumat (12/08/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan edukasi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik.

Tujuannya untuk mendukung ekonomi hijau di Indonesia.

Untuk itu, BSI berkolaborasi dengan Plasticpay untuk menjalankan gerakan sosial berbasis platform digital melalui Reverse Vending Machine (RVM) dan Mini Collection Point (MCP) Plasticpay. 

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 12 Agustus 2022: Tambah 82 Kasus Positif, 1 Pasien Meninggal

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Gunawan Arif Hartoyo mengatakan edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli sampah sangat diperlukan.

Hal itu karena Indonesia sebagai negara penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia. 

"Kami turut mengajak masyarakat untuk peduli sampah plastik. Dan kami akan terus berpartisipasi aktif dalam usaha-usaha pemerintah untuk mewujudkan program ekonomi hijau guna menjaga ekonomi berkelanjutan yang pro People, Planet, dan Profit (3P)," katanya, Jumat (12/08/2022).

Ia menerangkan di DI Yogyakarta, pihaknya menempatkan vending mesin di beberapa lokasi, salah satunya dalam gelaran Mandiri Jogja Maraton.

Vending mesin tersebut ditempatkan di Hotel Royal Ambarrukmo (11-13 Agustus), Kantor BSI Yogyakarta Cabang Sudirman (11-14 Agustus), dan Area Candi Prambanan (14 Agustus).

"Masyarakat bisa berpartisipasi dengan menukarkan botol plastik dengan uang. Transaksi dilakukan melalui BSI Mobile, yang mana masyarakat bisa langsung membuka rekening BSI untuk dapat melakukan transaksi tersebut," terangnya. 

Baca juga: KPK Sita 4 Bidang Tanah di Mantrijeron Kota Yogyakarta dalam Kasus Suap Angin Prayitno Aji

Sementara itu, Nasabah BSI, Ryan Aldi Nugroho tertarik mengakses vending mesin untuk menambah uang jajan.

Setelah mengetahui kolaborasi BSI dengan Plasticpay tersebut, ia pun mengumpulkan botol-botol plastik di rumah. 

"Ngumpulin botol-botol plastik di rumah, ada sekitar 25 botol. Kan lumayan, ini satu botol dihargai Rp2.000, dengan ngumpulin 25 botol udah dapat Rp50.000, bisa buat nambah uang jajan sama beli kuota," ujarnya. 

Ia pun mengapresiasi kampanye yang dilakukan oleh BSI.

Menurut dia, selain melestarikan lingkungan, menjadi daya tarik bagi nasabah untuk ke BSI

"Harapannya program ini berlanjut sih," imbuhnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved