Berita Sleman Hari Ini

KEBAKARAN di SDN 1 Delegan Prambanan Sleman, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar

Kebakaran hebat terjadi di Gedung Sekolah Dasar Negeri (SD N) 1 Delegan, di Kalurahan Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman pada Selasa (8/8/2022)

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Delegan, di Kalurahan Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman terbakar pada Selasa (8/8/2022) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kebakaran hebat terjadi di Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Delegan, di Kalurahan Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman pada Selasa (8/8/2022) malam.

Hasil asesmen sementara dari bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Sleman mencatat, ada 6 ruangan di sekolah tersebut dengan luasan sekitar 480 meter persegi yang dilalap si jago merah.

Kasi Operasional dan Investigasi Bidang Damkar, Satpol-PP Sleman, Nawa Murtiyanto menyampaikan, dugaan sementara penyebab kebakaran karena korsleting listrik.

Baca juga: Pesan Mahfud MD Kepada Keluarga Brigadir J : Sabar dan Percayakan Pengusutan ke Penegak Hukum

Menurut dia, awal mula kejadian, ada seorang warga melihat kobaran api di gedung SDN 1 Delegan dan berinisiatif memadamkan api. 

"Tetapi kelas TIK dikunci dengan pintu teralis dan angin (saat itu) berhembus kencang membuat perambatan api semakin besar," kata dia, Rabu (10/8/2022). 

Belum diketahui jam berapa api mulai membakar. Tetapi Damkar Sleman, kata Nawa, menerima laporan kejadian kebakaran itu sekira pukul 19.47 WIB.

Tiga Armada pemadam kebakaran Sleman kemudian diturunkan bersama armada Damkar dari Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta dan Damkar UGM.

Dibantu pula personel Polsek Prambanan, relawan dan warga setempat. Proses pemadaman berlangsung selama 2 jam 45 menit. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materil cukup besar.

Baca juga: Pemda Fasilitasi Rekonsiliasi Dugaan Pemaksaan Berjilbab, Komisi A DPRD DIY: Hukum Harus Ditegakkan

Ada 6 ruang terbakar dengan luas sekitar 480 meter persegi. 

"Nilai harta benda sekitar Rp 1 miliar," terangnya. 

Ketua FPRB Bandung Bondowoso, Prawoto atau biasa disapa Brewok, yang jajarannya terlibat dalam proses pemadaman api mengungkapkan, ruang yang terbakar di gedung SDN Delegan 1 meliputi ruang kelas 2, kelas 3, kelas 6, ruang kantor guru, ruang laboratorium dan ruang kosong.

Sejumlah peralatan elektronik seperti komputer, LCD dan TV juga ikut terbakar. 

"Atap ruangan ada juga yang runtuh," kata dia. (rif)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved