Tol Yogyakarta Bawen

Dampak Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Tol Yogyakarta-Solo ke Kota Jogja

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Tol Yogyakarta-Solo memang masih dalam proses pembangunan. Namun dampak pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen dan Tol Yogya

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Tribunjogja.com | Santo Ari
Peta jalur tol Yogyakarta-Solo yang masuk wilayah Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 

Tribunjogja.com Jogja - Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Tol Yogyakarta-Solo memang masih dalam proses pembangunan. Namun dampak pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen dan Tol Yogyakarta-Solo dipastikan akan berimbas ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diprediksi volume kendaraan di Kota Jogja diprediksi bakal meningkat signifikan saat Tol Yogyakarta-Solo dan Tol Yogyakarta-Bawen mulai beroperasi.

Data Dinas Perhubungan Kota Jogja saat ini, derajat kejenuhan jalan, atau vc ratio di wilayahnya masih terbilang aman di angka 0,6.

Kepadatan kawasan penyangga seperti Malioboro pun masih dapat ditoleransi, ketika hari-hari non weekend.

"Ya, 0,6 itu rata-rata seluruh kota. Di kawasan-kawasan seperti Malioboro itu kan tinggi di momen tertentu. Kalau hari biasa, daily, ya, normal,"kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho, Senin (8/7/22).

Berdasarkan kajian yang dilakukan jajarannya derajat kejenuhan jalan bisa melonjak hampir dua kali lipat, ketika Jalan Tol Yogyakarta-Solo dan Tol Yogyakarta-Bawen beroperasi.

Artinya perlu langkah antisipasi agar tak ada antrean kendaraan di ruas-ruas jalan Kota Jogja.

Jalur Tol Yogyakarta-Solo yang melintas di kawasan Yogyakarta
Jalur Tol Yogyakarta-Solo yang melintas di kawasan Yogyakarta (Tribunjogja.com | Santo Ari)

"Jelas vc ratio-nya akan jauh lebih dari itu. Bahkan, ada beberapa ruas jalan yang kami prediskikan lebih dari 1, ya. Sudah hitam, bukan lagi merah. Tapi, itu tidak serta merta gara-gara tol, loh, hanya efeknya saja," ungkap Agus.

"Makanya, ini kami kaji terus. Exit tol memang semuanya di Sleman. Tapi, kami memiliki kepentingan untuk membuat kajian, agar dampaknya dapat ditekan," tambah Agus.

6 Seksi Tol Yogyakarta-Bawen

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved