Berita Olahraga Hari Ini

Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Paralimpian DIY Sumbang Total 5 Medali Emas

Atlet DI Yogyakarta menyumbang lima medali emas, sembilan medali perak dan enam medali perunggu dalam ASEAN Para Games XI Solo 2022.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi NPC DIY
Atlet tenis kursi roda berfoto saat mendapat medali ASEAN Para Games. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pada hari penutupan ASEAN Para Games XI Solo 2022, Sabtu (6/8/2022) atlet DI Yogyakarta yang membela kontingen Indonesia sukses memperoleh lima medali emas, sembilan medali perak dan enam medali perunggu

Pada ajang itu total ada 15 paralimpian asal DIY yang tampil untuk Indonesia.

Sebanyak 13 paralimpian diantaranya sukses mempersembahkan medali.

Tercatat, cabang olahraga para catur menjadi penyumbang medali terbanyak dengan torehan dua emas dan tiga perak.

Kemudian bola voli duduk memperoleh satu emas, para bulutangkis satu emas.

Baca juga: Gayuh Satrio Borong Dua Medali Emas ASEAN Para Games XI 2022 di Cabor Para Catur

Selanjutnya para tenis meja dapat satu emas, satu perak, satu perunggu, goalball dengan satu perak, para panahan sabet satu perak dan bola basket kursi roda amankan dua perunggu.

Dari cabor di atas, nama-nama paralimpian DIY yang ikut menyumbang medali adalah Gayuh Satrio (2 emas, 3 perak/para catur), Sunarto (1 emas, 1 perak, 1 perunggu/para tenis meja), Sudartatik (1 emas/bola voli duduk), Qonitah (1 emas/para bulu tangkis), Ndaru Padma (1 perak/tenis kursi roda), Kevin Sanjaya (1 perak/tenis kursi roda), Nurfendi (1 perak/goalball), Andi Santoso (1 perak/goalball).

Ada pula Tuwariyah (1 perak/para panahan), Daryoko (1 perunggu/tenis kursi roda), Nurdin (1 perunggu/tenis kursi roda), Danu Kuswantoro (2 perunggu/basket kursi roda), Yulianto (1 perunggu/basket kursi roda).  

National Paralympic Committee (NPC) DIY sangat bangga dan mengapresiasi capaian prestasi yang dipersembahkan paralimpian-paralimpiannya saat tampil di ajang ASEAN Para Games (APG) XI Solo 2022.

Mewakilkan 15 orang paralimpian, sebanyak lima medali emas, sembilan medali perak dan enam medali perunggu berhasil dipersembahkan bagi kontingen Indonesia.

Sudartatik, atlet bola voli duduk mengungkapkan bahagia dapat ikut andil dalam menyumbang satu medali emas bagi kontingen Indonesia.

Baca juga: Sunarto Atlet Para Tenis Meja DI Yogyakarta Sumbang Medali Perak di ASEAN Para Games 2022

Berkat kontribusi itu pula, Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022.

“Di cabor bola voli duduk tetap pesaing terberat datang dari Thailand,” kata paralimpian yang juga mengatakan sudah bergabung dengan Pelatnas selama dua bulan ini.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) NPC DIY, Hariyanto mengatakan, pencapaian medali itu tentu menjadi kebanggaan bagi induk organisasi olahraga prestasi penyandang disabilitas di DIY. 

“Hal ini jelas lebih membanggakan bagi kami, karena itu menunjukkan bahwa paralimpian DIY memiliki prestasi dan pantas diperhitungkan di level nasional maupun internasional,” terangnya.

“Kami syukuri dan ke depan akan kami tingkatkan lagi agar lebih banyak paralimpian DIY yang bisa membela Indonesia dan berprestasi lebih tinggi lagi di ajang-ajang lainnya,” tegas Hariyanto.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved