Berita Klaten Hari Ini

578 Sepeda Motor Berknalpot Brong di Klaten Diamankan Polisi

Jajaran Satlantas Polres Klaten mencatat sebanyak 578 kendaraan knalpot brong yang diamankan di berbagai wilayah di daerah itu.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta (kanan) bersama Kasatlantas Polres Klaten, AKP Sugiyanto saat menunjukkan knalpot brong di Mapolres setempat, Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Klaten terus menggencarkan razia knalpot tidak standar atau knalpot brong di wilayah hukumnya.

Selama 2 bulan terakhir, jajaran Satlantas Polres Klaten mencatat sebanyak 578 kendaraan knalpot brong yang diamankan di berbagai wilayah di daerah itu.

Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta menjelaskan, pelanggar melanggar pasal 285 ayat 1 Jo pasal 106 ayat 3 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas jalan raya.

"Ini menyebutkan bahwa setiap pengendara wajib memenuhi syarat teknis dan layak jalan, knlapot ini salah satu persyaratan layak jalan tersebut," ujarnya saat konferensi pers di Mapolres Klaten, Jumat (5/8/2022).

Ia mengatakan, ratusan kendaraan berknalpot brong yang diamankan oleh Polres Klaten tersebut dilakukan penindakan dengan cara hunting system.

Para pelanggar ini terjaring di berbagai wilayah seperti daerah Kota Klaten, perbatasan Klaten dengan Sleman, D.I Yogyakarta hingga di sejumlah wilayah lainnya.

"Jadi anggota hunting dan saat didengar dan dilihat jajaran kepolisian melakukan pengejaran atau memberitahu anggot yang ada di pos," jelasnya.

Ia menjelaskan, bagi pelanggar yang ingin mengambil sepeda motornya, diminta untuk mengganti knalpot brong dengan knalpot standar terlebih dahulu.

Selain itu juga diwajibkan untuk membayar denda melalui briva atau bank.

"Saat pelanggar sudah membayar denda nanti knalpot diganti dulu dan buay surat pernyataan," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved