Berita Sleman Hari Ini

Sebanyak 1.350 Peserta Bakal Ramaikan Antangin Tour de Ambarrukmo

Sebanyak 1.350 penggemar sepeda akan ramaikan Antangin Tour de Ambarrukmo yang akan digelar Sabtu (20/8/2022) mendatang.

TRIBUNJOGJA.COM/ Taufiq Syarifudin
Penyelenggara Antangin Tour de Ambarrukmo seusai memberi keterangan pers di Pendopo Royal Ambarrukmo, Rabu (3/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 1.350 penggemar sepeda akan ramaikan Antangin Tour de Ambarrukmo yang akan digelar Sabtu (20/8/2022) mendatang.

Pada edisi kelima ini, rute yang akan dilalui peserta reguler sepanjang 137 kilometer, dan untuk peserta race King Of Mountain (KOM) & Queen Of Mountain (OOM) sepanjang 149 kilometer.

Terhitung 300an pesepeda dari total 1.350 peserta akan masuk kategori kompetisi Queen of Mountain dan King of Mountain. Mereka akan berlomba di jalan penuh tanjakan sepanjang 7 kilometer melewati Gunung Lanang di Kulonprogo.

Baca juga: Bupati Sleman Ingatkan Para Ibu Harus Dukung Pemberian ASI dari Generasi ke Generasi

Chairman Antangin Tour De Ambarrukmo 2022, Surya Ananta menyebut peserta yang ingin mengikuti ajang ini sebetulnya sudah membludak, namun sayangnya karena masih ada aturan soal pembatasan di wilayah akibat pandemi Covid-19, pihak penyelenggara harus membatasi jumlah peserta.

"Sejak awal dibuka registrasi maunya kita buka untuk 2000an peserta, antusiasmenya tinggi. Tapi kita tetap harus patuhi peraturan yang ada," katanya saat memberikan keterangan pers di Ambarrukmo, Rabu (3/8/2022).

Bekerja sama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia, Antangin Tour de Ambarrukmo ini akan menyusuri tempat-tempat menarik. 

Start dari kawasan Plaza, peserta akan melewati ring road timur, ring road barat dan jalan Wates menuju wilayah Kabupaten Kulon Progo untuk beristirahat di Danau Sermo.

Selanjutnya, menuju checkpoint kedua di Lapangan Tempel, Sleman, peserta akan  melewati kawasan bukit menoreh.

Dilanjutkan melintasi kawasan perkebunan salak di Turi untuk menuju Lapangan Siwa Candi Prambanan.

Peserta akan menuju titik akhir kembali di kawasan Plaza Ambarrukmo untuk mengambil medali dan makan siang dengan sajian kuliner khas Yogyakarta di area Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Baca juga: GongFest Akan Gelar Konser Musik Senandung Alam di Tebing Breksi Pada 10 Agustus 2022


Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengungkapkan antusiasmenya dengan mendukung ajang ini karena turut mengenalkan pariwisata di DIY. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata budaya.
 
"Ajang ini begitu bergengsi untuk pesepeda, tentu sudah ditunggu. Kami dari Dinas Pariwisata DIY mendukung penuh ajang ini untuk menggeliatkan wisata dan ekonomi kreatif. Memperkenalkan budaya maupun kuliner di Yogya. Semoga ajang ini bisa terus dilaksanakan secara rutin," harap Singgih Raharjo.
 
Adapun event coordinator, Indra Gunawan berujar ajang kompetisi di Antangin Tour de Ambarrukmo ini tidak diperuntukkan bagi atlet sepeda yang sudah punya nama tenar maupun peraih medali di ajang tertentu.

"Meski begitu, kita tetap ada syarat-syarat tertentu bagi peserta yang mau ikut kompetisi harus punya fisik yang lebih bugar. Untuk atlet kita undang Aiman Cahyadi sebagai road captain," tandas Indra. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved