Tol Yogyakarta Bawen

Langkah Pak Kades Setelah 1 Hektare Tanah Khas Desa Menden Terkena Proyek Tol Yogya - Solo

Apa langkah Pemdes Menden setelah satu hektare tanah khas desa tersebut terkena proyek jalan Tol Yogya-Solo? 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Google Map
Peta jalur raya Yogyakarta hingga Klaten - Foto Ilustrasi. Proyek Tol Yogyakarta-Solo juga melintasi tanah khas desa di wilayah Klaten. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Proyek Tol Yogyakarta-Solo juga menerjang tanah khas Desa Menden di Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten. Apa langkah Pemdes Menden setelah satu hektare tanah khas desa tersebut terkena proyek jalan Tol Yogya-Solo

Kepala Desa Menden, Sriyanto, langsung mencari lahan pengganti tanah khas desa yang akan beralih fungsi sebagai bagian dari proyek tol tersebut.

Ia mengatakan harus ada lahan pengganti tanah khas desa tersebut karena kelak dimaksudkan untuk meningkatkan PAD desa. 

Proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah memang tak hanya menggusur lahan persawahan, permukiman, dan rumah ibadah. Tanah kas desa juga tak luput oleh terjangan proyek strategis nasional (PSN) tersebut.

Sriyanto mengatakan di Desa Menden Kecamatan Kebonarum juga terdapat sekitar 1 hektare tanah kas desa yang kena terjang tol.

"Di sini tanah kas desa yang kenal tol terdiri dari beberapa bidang, kalau ditotal luasannya hampir 10 ribu meter persegi atau 1 hektare," ujarnya pada TribunJogja.com, Minggu (31/7/2022).

Ia menjelaskan, tanah kas desa seluas sekitar 1 hektare itu mendapat ganti rugi sekitar Rp 8 miliar.

"Itu uang ganti ruginya sekitar Rp 8 Miliar, kita sudah proses pelepasan hak, ini sedang mencari tanah pengganti, yang nantinya niatnya untuk meningkatkan PAD desa," ulasnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya sudah dapat 5 patok tanah yang sedianya bakal digunakan sebagai tanah pengganti tanah kas desa.

namun, luasan tanah pengganti itu lebih luas dari tanah kas desa yang kena terjang tol.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved