Berita Pendidikan Hari Ini

Sinergi UGM, Kagama dan Pemda Banten Dorong Pembangunan Lebih Maju

UGM melalui para alumninya yang berjumlah lebih 336 ribu alumni juga memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui kompetensi pekerjaan masing-masing.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Suasana sarasehan UGM Menyapa Alumni yang berlangsung di Hotel Le Dian, Serang, Banten, Selasa (27/7/2022). 

Tribunjogja.com - Universitas Gadjah Mada sebagai perguruan tinggi yang kini telah meluluskan lebih dari 336 ribu alumni diharapkan makin mendorong percepatan pembangunan di berbagai  daerah.

Pasalnya berbagai ide dan pemikiran para pakar di bidangnya, ragam hasil riset dan inovasi terkini yang dihasilkan oleh peneliti di kampus diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kerja sama dalam bidang tridarma perguruan tinggi dalam bentuk penerjunan mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan kontribusi para alumni di daerah melalui organisasi Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) diharapkan makin terus ditingkatkan. 

Demikian beberapa hal yang mengemuka dalam sarasehan UGM Menyapa Alumni yang berlangsung di Hotel Le Dian, Serang, Banten, Selasa (27/7/2022).

Baca juga: UGM Kembangkan Destinasi Wisata Religi Tokoh Islam Syekh Nawawi al-Bantani

Bertindak selaku narasumber adalah Rektor UGM Prof.dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K), Ph.D., Ketua Kagama Banten Widi Hastawa, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan Sekda Pemerintah Provinsi Banten Moch. Tranggono.

Rektor UGM mengatakan kerja sama yang dilakukan dengan pemerintah daerah selama ini banyak dilakukan dalam berbagai hal terutama dalam bentuk pendampingan penyusunan rencana pembangunan jangka pendek dan menengah, kerja sama bidang pendidikan dan riset serta pengiriman mahasiswa KKN di berbagai penjuru pelosok desa di Indonesia.

“KKN ini selain jadi pembelajaran bagi mahasiswa namun memberikan kontribusi bagi pemda, masyarakat dan negara. Berbagai program yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN PPM di Serang misalnya dalam hal pengentasan stunting dan pembangunan wisata religi yang saat ini mulai akan dibangun. Hal ini membuktikan sesuatu bekerja sama untuk menyelesaikan kehidupan dan persoalan,” kata Ova Emilia.

Selain lewat kerja sama penerjunan mahasiswa KKN, UGM melalui para alumninya yang berjumlah lebih 336 ribu alumni juga memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui kompetensi pekerjaan masing-masing.

“UGM sendiri telah melahirkan prestasi dari para alumninya, ada yang jadi  Presiden, Wapres, menteri dan wakil menteri membuktikan mereka dulunya dididik di kampus Bulaksumur,” katanya.

Di tingkat kancah global, ujarnya, dalam pemeringkatan perguruan tinggi terbaik dunia, QS World University Ranking pada tahun ini, UGM berada pada peringkat 231 dunia yang sebelumnya berada pada peringkat 254 dunia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved