Berita Pendidikan Hari Ini

Tim PKM Pascasarjana UNESA Beri Pelatihan Guru PJOK Teknik Pemanasan Tanpa Alat

Tim PKM Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Pascasarjana UNESA melakukan pelatihan secara offline dengan protokol kesehatan yang berlaku

Istimewa
Tim PKM Pascasarjana UNESA Beri Pelatihan Guru PJOK Teknik Pemanasan Tanpa Alat 

*Oleh: Sri Wicahyani, Universitas Negeri Surabaya

PENGABDIAN Kepada masyarakat (PKM) adalah satu bentuk kerjasama yang dilakukan bersama oleh perguruan tinggi dengan mitra sebagai satu bentuk kegiatan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan dan pembudayaan masyarakat.

Tahun ini Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melakukan kerjasama dengan mitra yaitu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan (PJOK) di Kabupaten Mojokerto untuk kegiatan PKM.

Rabu 20 Juli 2022, Tim PKM Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Pascasarjana UNESA melakukan pelatihan secara offline dengan protokol kesehatan yang berlaku di Gedung Bappeda Kabupaten Mojokerto. Peserta yang hadir sebanyak 40 guru PJOK dari SMP Negeri di Kabupaten Mojokerto.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) S3 Ilmu Keolahragaan Pascasarjana UNESA, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berusaha untuk memberikan kontribusi berupa pemberian pengetahuan dan keterampilan kepada mitra tentang permainan tanpa alat sebagai bentuk aktifitas pemanasan pada materi kebugaran jasmani bagi Guru PJOK di Kabupaten Mojokerto.

Tim memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) tentang konsep pemanasan yang efektif bagi peserta didik. Pemanasan dalam bentuk permainan akan memberikan kesan yang menarik kepada peserta didik, sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik mengikuti proses pembelajaran.

Kegiatan diawali pembukaan oleh Ketua Prodi S3 Ilmu Keolahragaan Pascasarjana UNESA, Dr. Heryanto Nur Muhammad, M.Pd, dengan memperkenalkan anggota tim pengabdian yaitu Dr. Noorce Anita Kumaat, M.Kes. dan Sri Wicahyani, M.Pd serta dibantu oleh tiga mahasiswa.

Dilanjutkan dengan pembentukan kelompok peserta, pemaparan materi, diskusi, tanya jawab dan penugasan kepada peserta. Tim PKM juga melakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui pemahaman dan kebermanfaatan dari kegiatan PKM serta menampung kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan dan evaluasi tim PKM.

Beberapa contoh permainan tanpa alat yang disajikan oleh tim PKM diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru PJOK. Dengan konsep dan pemahaman tentang pemanasan yang tepat, maka guru PJOK diharapkan dapat menciptakan atau memodifikasi ragam aktivitas pemanasan yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved