Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Lahan Tol Jogja-Bawen Mulai Diuruk, Sekda DIY: Pembangunan Fisik Sudah Dapat Dilakukan

Pembangunan fisik trase tol Yogyakarta-Bawen sebenarnya sudah dapat dimulai karena proses groundbreaking sudah dilaksanakan pada akhir Maret 2022.

TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut pembangunan fisik trase tol Yogyakarta-Bawen sebenarnya sudah dapat dimulai karena proses groundbreaking atau peletakan batu pertama sebagai simbolis dimulainya pelaksanaan pembangunan sudah dilaksanakan pada akhir Maret 2022 lalu di Padukuhan Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Sleman .

Hanya saja Aji belum mengetahui perkembangan terbaru proyek pembangunan tersebut dari pihak kontraktor.

"Kalau kemarin kita sudah memulai groundbreaking kan mestinya sudah mulai fisiknya ya. Hanya saja kita belum update-update lagi," jelas Aji, Jumat (15/7/2022).

Aji menjelaskan, hingga saat ini, perkembangan pembebasan lahan Tol Yogyakarta-Bawen seksi I yakni Yogyakarta-Banyurejo hampir tuntas atau melampaui 90 persen.

Baca juga: Timbunan Tanah Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Sanggrahan Masuki Layer Kedua 

Upaya pembebasan hanya menyisakan tanah dengan karakteristik khusus seperti tanah kas desa maupun tanah kasultanan atau sultan ground.

"Kemudian juga masih ada beberapa tanah kas desa, ini kan tanah dari kasultanan tentu penggunaan tanah itu ada izin dari pihak kasultanan. Kalau Yogya-Solo masih lebih banyak yang belum terbebaskan," katanya.

Aji menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah DIY mendukung sepenuhnya pelaksanaan proyek pembangunan di Yogyakarta yang juga menjadi prioritas nasional ini.

"Besar harapan bahwa pembangunan jalan tol dapat melibatkan tenaga-tenaga produktif, baik yang ada di wilayah DIY maupun di wilayah Jawa Tengah, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan nasional," katanya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved