Kumpulan Ucapan

48 KUMPULAN Ucapan Hari Ayah Sedunia untuk Ayah yang Tak Kalah Hebat dalam Hidup Kita

Selain ada Hari Ibu, Hari Ayah ternyata juga ada loh. Nah, tepat pada tanggal 19 Juni ini, diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia.

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Yoseph Hary W
freepik
KUMPULAN Ucapan Hari Ayah Sedunia untuk Ayah yang Tak Kalah Hebat dalam Hidup Kita 

TRIBUNJOGJA.COM - Selain ada Hari Ibu, Hari Ayah ternyata juga ada loh. Nah, tepat pada tanggal 19 Juni ini, diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia.

Sama halnya seperti Hari Ibu Sedunia dan Hari Ibu Nasional, Hari Ayah ini ternyata juga ada hari Ayah Nasional yang dirayakan pada 12 November.

Hari Ayah Nasional dirayakan oleh masyarakat Indoesia, sementara Hari Raya Sedunia merupakan tradisi warga Amerika Serikat.

Hari Ayah Nasional diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). dan pertama kali diperingati pada 12 November 2006.

Lantas bagaimana dengan Hari Raya Sedunia?

Dikutip Tribunjogja.com dari berbagai sumber, Hari Ayah Sedunia diusulkan dan diperingati pertama kali oleh Sonora Smart Dodd dari Spokane, Washington pada tahun 1909. 

Ayah Sonora adalah veteran Perang Sipil William Jackson Smart, orang tua tunggal yang membesarkan enam anak seorang diri.

Pada Hari Ibu saat Sonora hadir di Gereja Episkopal Metodis Pusat pada tahun 1909, ia memberi tahu pendeta bahwa Hari Ayah juga harus ada.

Setelah disetujui, Hari Ayah di Amerika pertama kali dirayakan di Spokane YMCA pada 19 Juni 1910.

Pada tahun 1966, Presiden Lyndon B. Johnson mengeluarkan keputusan untuk menghormati ayah yang dirayakan hari Minggu ketiga di bulan Juni.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved