Berita Bencana Alam

Tebing Longsor di Kaki Gunung Lawu Magetan, Dua Rumah Warga Rusak Tertimpa Material

Longsoran material dari bukit itu membuat teras rumah Sarjono (60) rusak. Material longsor juga menimpa dinding rumah milik Karmo (60).

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
KOMPAS.COM/DOK BPBD MAGETAN
Diguyur hujan lebat dua rumah warga di Kabupaten Magetan tertimpa longsoran bukit setinggi 50 meter 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mencatat dua rumah warga di kaki Gunung Lawu, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, rusak akibat terkena material tanah longsor.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi mengatakan, longsor terjadi pada tebing setinggi 50 meter akibat hujan deras yang mengguyur kaki Gunung Lawu selama 3 jam, Selasa (14/6/2022) sore.

"Hujan deras kemarin dari pukul 19.00 WIB selama 3 jam membuat longsor, lokasinya Desa Gonggang,” ujar Eka melalui pesan singkat, Rabu (15/6/2022).

Eka menambahkan, longsoran material dari bukit itu membuat teras rumah Sarjono (60) rusak. Material longsor juga menimpa dinding rumah milik Karmo (60).

"Ada dua KK yang terdampak, yaitu keluarga Bapak Karmo dan Bapak Sarjono. Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan tempat tinggal,” imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di kawasan rawan longsor seperti di Kecamatan Poncol untuk waspada ketika hujan lebat.

Terhadap rumah yang rusak itu, petugas BPBD Kabupaten Magetan bersama masyarakat setempat telah membersihkan lokasi.

"BPBD juga menyerahkan bantuan berupa terpal dan tanggul sementara untuk mengantisipasi longsor susulan,” ucapnya.

( kompas.com )

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved