Naik ke Candi Borobudur Dibatasi Jadi 1.200 Orang per Hari, Harga Tiket Melambung Jadi Rp 750 Ribu

Hasil kunjungan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang,

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan saat memberikan keterangan ketika door stop usai peresmian SPKLU di Kawasan Wisata Candi Borobudur, Sabtu (04/06/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Hasil kunjungan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengeluarkan aturan terbaru terkait berwisata ke destinasi super prioritas itu.

Di antaranya terkait pembatasan jumlah pengunjung yang di perbolehkan naik ke struktur candi hingga harga tiket terbaru bagi pengunjung yang akan naik ke struktur candi.

"Tadi, mengenai Borobudur kita sudah putuskan juga akan membatasi orang naik hanya 1.200 orang per hari. Dengan biaya USD 100 untuk wisman dan turis domestik Rp 750 ribu. Dari 1.200 orang , anak sekolah (kuota) 25 persen dengan membayar Rp 5 ribu karena biar anak sekolah itu bisa menikmati. Kenapa kita melakukan itu (pembatasan) karena rekomendasi dari UNESCO dan banyak pakar sudah terjadi penurunan Borobudur dan aus materialnya," ujarnya kemarin pada Sabtu (04/06/2022) saat door stop pada kunjungan peresmian SPKLU di Candi Borobudur , Kabupaten Magelang , Jawa Tengah.

Baca juga: Sebanyak 250 Peserta Ikuti Konkurs Perkutut KGPAA Pakualam Cup VIII

Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Aryono Hendro Malyanto kapan akan diberlakukan aturan terbaru tersebut.

Dirinya mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi kepada pihak terkait.

"Masih dalam pembahasan dengan Kemendikbud yakni Balai Konservasi Borobudur ,"tuturnya.

Untuk diketahui, sejak awal pandemi pengunjung tidak diperbolehkan naik ke struktur candi.

Pengunjung hanya diperbolehkan berwisata sampai di area plataran saja. Adapun, alasannya dari Balai Konservasi Borobudur sebagai langkah pelestarian situs cagar budaya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved