Berita Gunungkidul Hari Ini

Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Relawan Desa DIY: Beliau Disegani dan Rangkul Semua Lapisan

Relawan desa DIY yang mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 terdiri atas sejumlah elemen masyarakat yang mewakili lima kabupaten/kota di DIY.

Editor: Sigit Widya
Dok Des Ganjar DIY
Ratusan relawan desa untuk Ganjar yang tergabung dalam Des Ganjar DIY melakukan deklarasi dukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024, Selasa (10/5/2022), di Taman Madu Bronto, Dusun Kepek 1, Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, ratusan relawan desa DIY yang tergabung dalam Des Ganjar DIY melakukan deklarasi dukungan, Selasa (10/5/2022).

Deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 dilakukan oleh ratusan relawan desa DIY di Taman Madu Bronto, Dusun Kepek 1, Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Menurut Ketua Des Ganjar DIY, Wahyudi, relawan desa DIY yang mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 terdiri atas sejumlah elemen masyarakat yang mewakili lima kabupaten/kota di DIY.

Wahyudi menyatakan, ratusan relawan desa DIY mendukung Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024 karena dinilai sebagai sosok berwibawa, cerdas, dan mampu merangkul semua lapisan masyarakat.

“Beliau pemimpin disegani dan kami sayangi. Pak Ganjar bisa merangkul semua lapisan, termasuk masyarakat kecil, petani, penambang pasir, maupun pelaku UMKM," jelasnya seusai deklarasi.

Menurut Wahyudi, orang nomor satu di Jawa Tengah itu merupakan pemimpin berprestasi, humanis, dan peduli terhadap masyarakat desa sehingga sangat layak untuk didukung di Pilpres 2024.

Baca juga: Pilpres 2024 : Analisis Pengamat Politik soal Isu Duet Prabowo-Puan, Ganjar-Erick dan Anies-AHY

"Karenanya, kami mengajak seluruh masyarakat desa yang ada di DIY untuk bersama-sama mendukung Pak Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024 dan menjadi Presiden 2024-2029," tambah Wahyudi.

Untuk meyakinkan pentingnya dukungan masyarakat desa kepada Ganjar Pranowo, Wahyudi pun mengutip perkataan mantan Wakil Presiden RI sekaligus tokoh Bangsa Indonesia, Bung Hatta.

"Indonesia tidak akan besar karena obor di Jakarta. Indonesia akan bercahaya karena lilin-lilin di desa. Itulah kenapa kami berkumpul bersama di sini,” tegas Wahyudi mengutip pernyataan Bung Hatta.

Deklarasi dimeriahkan dengan senam massal, penampilan Reog Nawangsih, Tari Mulatsari, kesenian tradisional Gejog Lesung-Gambyong Mari Kangen, tausyiah keislaman, dan undian berhadiah.

Ada pula parade budaya ciri khas DIY bernama Bregodo Lombok Ijo serta pawai makanan tempo dulu, yang terdiri atas 20 jenis makanan ringan, termasuk brangkal atau singkong diracik dengan bumbu khas.

Ada juga makanan ringan lain berupa thiwul ayu, mendut ketan, apem, arem-arem, cucur, wajik, serta makanan berat bernama Sego Berkat, yakni nasi dengan lauk yang dibungkus memakai daun jati.

Baca juga: Membandingkan Peluang Prabowo-Puan vs Ganjar-Anies pada Pilpres 2024

Wahyudi mengaku telah mempunyai strategi untuk memenangkan Ganjar Pranowo di wilayah bersemboyan "Memayu Hayuning Bawana" tersebut. Semboyan itu berarti "Memperindah Keindahan Dunia".

Deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 yang dilakukan oleh ratusan relawan desa DIY di Taman Madu Bronto dihadiri oleh lebih dari 800 orang, yang berasal dari lima kabupaten/kota di DIY.

Wahyudi menegaskan, Des Ganjar DIY telah menyatakan komitmen untuk saling menjaga, menyayangi, dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami relawan Des Ganjar DIY akan merangkul semua elemen untuk bahu-membahu mencintai dan mendukung dari hati Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia,” pungkas Wahyudi. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved