Candi Borobudur Masih jadi Favorit Wisatawan Selama Libur Lebaran 2022

Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menjadi favorit bagi wisatawan untuk menghabuskan libur lebaran tahun ini

Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting
Wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur pada Minggu (08/05/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Destinasi wisata Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menjadi favorit bagi wisatawan untuk menghabuskan libur lebaran tahun ini. 

Salah satunya, Zulfirman Hanawi (43), wisatawan asal Jambi.

Ia membawa rombongan keluarganya sebanyak 8 orang untuk melihat kemegahan bangunan bersejarah itu.

Ia menuturkan, sedari pagi sekitar pukul 08.00 WIB dirinya sudah berada di lokasi agar bisa mendapatkan tiket dan terhindar dari antrean panjang.

"Sudah dari pagi ke sini, biar tidak antre panjang. Ini, ajak anak-anak dan keluarga biar kenal dengan Candi Borobudur meskipun  di sana (Jambi) juga ada candi. Tapi kan tidak sama, biar paham sejarah juga,"ujarnya saat ditemui di lokasi pada Minggu (08/05/2022).

Ia mengungkapkan suasana di kawasan Candi Borobudur sangat asri dan bersih sehingga membuat pengunjung nyaman.

Tak hanya itu, pihak pengelola juga sudah menyiapkan sarana pendukung secara maksimal mulai dari protokol kesehatan hingga fasilitas penunjang lainnya seperti tempat ibadah, transportasi untuk keliling candi hingga tempat sampah pun mudah ditemui.

"Untuk fasilitasnya semua sudah baik begitupun pelayanannya. Sejauh ini, tidak ada masalah,"ujarnya.

Namun, hanya saja ia merasa sedikit kecewa karena tidak bisa naik ke struktur candi.

Sebab, pihak pengelola belum mengizinkan wisatawan untuk naik ke atas candi.

Wisatawan hanya diizinkan untuk menikmati keindahan Candi Borobudur dari area halaman candi saja (plataran).

"Benar baru tahu juga kalau tidak bisa naik (ke struktur candi). Beberapa tahun lalu pernah ke sini masih bisa naik, ya anak-anak  sih yang belum pernah naik. Tapi, tadi sudah foto-foto juga di bawah itu (area plataran) untuk kenang-kenangan .Ya, mudah-mudahan bisa naik lagi,"ujarnya.

Baca juga: Libur Lebaran 2022, Jumlah Pengunjung di Candi Borobudur Naik Signifikan

Hal yang sama juga disampaikan oleh wisatawan lainnya bernama Rohimah (50).

Wisawatan asal Surabaya ini mengatakan, dirinya memang menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi yang wajib dikunjungi setiap tahunnya.

"Kalau ke sini (Candi Borobudur) setiap tahun karena keluarga kan di sini semua. Tetapi dua tahun kemarin (2020-2021) tutup jadi tidak main, ini baru datang lagi. Senang lah, karena kangen juga tidak pernah bosan kalau ke sini,"ujarnya.

Sementara itu, General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Aryono Hendro Malyanto mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait aturan naik ke struktur candi.

"Kami masih menunggu dan terus berkoordinasi tekait aturan ke struktur candi. Harapan kami  ada kejelasan pembatasan yang naik ke  struktur candi. Atau, memang akan ditutup selamanya harus segera diputuskan. Agar  jelas regulasinya jelas,"ujarnya.

Alasan tersebut, lanjut Aryono, untuk memberikan kepastian bagi para wisatawan agar tidak kecewa ketika ke Candi Borobudur.

"Kalau sudah ada aturan dan regulasinya kan lebih mudah. Karena, memang selama lebaran saja sekitar 10-20 persen wisatawan itu balik karena tidak bisa naik ke struktur candi,"urainya. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved