H+2 Lebaran, Jalur Wisata ke Pantai Gunungkidul Terpantau Padat

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto juga mengatakan kepadatan lalu lintas (lalin) hari ini didominasi kendaraan wisata

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Yoseph Hary W
Tribunjogja/ Neti Istimewa Rukmana
Personel Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Yogyakarta, Aipda Endri Riyanto dan Bripka Joko Kris, sedang bertugas memantau lalu lintas di Tugu Jogja, Selasa (3/5/2022) pukul 18.44 WIB. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Masyarakat mulai memanfaatkan momen H+2 Lebaran untuk berwisata. Kondisi ini pun berpengaruh pada jalur-jalur wisata, seperti yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Pantauan Tribun Jogja pada Rabu (04/05/2022) siang, Jalan Wonosari-Baron terpantau padat oleh kendaraan. Situasi padat ini terjadi dari dua arah sekaligus, terutama di sejumlah titik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto juga mengatakan kepadatan lalu lintas (lalin) hari ini didominasi kendaraan wisatawan.

"Saat ini sudah terlihat kepadatan di sejumlah titik," ungkapnya saat dihubungi.

Menurut Rakhmadian, kebanyakan wisatawan datang dari luar daerah. Hal itu terlihat dari plat kendaraan yang melintas, di mana kebanyakan berasal dari Surakarta, Jawa Tengah (AD), kemudian Jakarta (B).

Meski demikian, kepadatan yang terjadi saat ini masih terbilang normal. Sebab ia menyebut kendaraan masih bisa bergerak maju meski kondisi lalin padat merayap.

"Kemungkinan sore ini juga akan ramai karena banyak wisatawan yang pulang dari kawasan pantai," kata Rakhmadian.

Kepadatan kendaraan pun juga terlihat di depan Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron di Kapanewon Tanjungsari. Adapun TPR ini jadi tujuan utama bagi wisatawan yang hendak menuju pantai.

Koordinator TPR Baron, Heri Mulyono mengatakan wisatawan mulai berdatangan sejak pagi hari. Bahkan ada pula yang datang sejak subuh demi menghindari kemacetan.

"Puncaknya sekitar pukul 10.00 WIB tadi, kalau saat ini sudah terbilang landai," kata Heri.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kendaraan roda empat dari wisatawan mendominasi jalur masuk TPR. Kepadatan pun juga berlangsung di gerbang masuk menuju pantai.

Menurut Heri, wisatawan yang hendak keluar dari kawasan pantai dan keluar dari Gunungkidul akan diarahkan lewat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Skema ini diberlakukan demi mengurangu kepadatan di jalur utama.

"Kebanyakan nanti bus-bus wisata yang jalur pulangnya dialihkan lewat JJLS," jelasnya.

(alx)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved