Puan Resmikan Air Bersih di Desa Gendayakan, Wonogiri, Ini Respons Warga Setempat

Desa Gendayakan sebelumnya telah mengalami kesulitan air bersih selama puluhan tahun. Peresmian ini disambut baik oleh warga.

Penulis: APS | Editor: APS
DOK. Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani saat meresmikan sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/4/2022). 

TRIBUNJOGJA.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meresmikan sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/4/2022).

Peresmian itu dilakukan dengan pemasangan sambungan rumah (SR) air bersih untuk 506 rumah warga.

Sebelumnya, selama puluhan tahun, warga Desa Gendayakan mengalami kesulitan air bersih. Oleh karenanya, pemerintah setempat menjadikan penanganan krisis air bersih di desa ini sebagai prioritas sejak 2017.

Puan mengatakan, setiap orang membutuhkan air untuk hidup. Mulai dari minum, mandi, mencuci, dan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan diri.

Baca juga: Puan Siap Kunker ke 4 Wilayah di Jateng, Berikut Rangkaian Kegiatannya

 “Karena itu ketika ada kabar bahwa Desa Gendayakan sempat puluhan tahun lamanya kesulitan mendapat air bersih, ini tidak boleh dibiarkan. Harus ada solusinya seperti pembangunan Sarana Air Bersih,” tambah Puan, dikutip dari keterangan persnya, Selasa.

Puan pun menekankan komitmennya dalam mengawal ketersediaan air di desa-desa yang ada di Indonesia.

Ia berharap pembangunan Sarana Air Bersih di Desa Gendayakan bisa benar-benar bermanfaat bagi warga.

“Sarana Air Bersih ini bisa terbangun karena gotong royong semua pihak baik dari pemerintah daerah (pemda), perguruan tinggi, dan warga,” tutur Puan.

Baca juga: Puan Ingatkan Pemerintah tentang Kebutuhan dan Keamanan Masyarakat Selama Mudik Lebaran

Dia menjelaskan, DPR selaku badan pusat benar-benar memantau kondisi desa-desa yang kekurangan sumber air bersih.

“Dengan adanya program ini, diharapkan warga Desa Gendayakan tidak perlu lagi jalan jauh hanya untuk mendapatkan air, tidak perlu lagi hanya mengandalkan air tangki bantuan, tidak perlu lagi khawatir kalau tidak ada hujan turun,” harapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved