Libur Panjang Isra Mi'raj, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Meningkat 25 Persen

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mencatat ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan saat akhir pekan kemarin.

Penulis: Santo Ari | Editor: Hari Susmayanti
Dok Pemkab Bantul
Prosesi upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Minggu (27/2/2022) kemarin 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mencatat ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan saat akhir pekan kemarin.

Peningkatan ini dikarenakan adanya libur panjang dan diperkirakan masih akan terjadi peningkatan hingga Senin (28/2/2022) hari ini.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mencatat selama akhir pekan kemarin (25-27 Februari 2022) terdapat 31.558 orang yang mengunjungi sejumlah tempat wisata yang dikelola Pemkab Bantul.

Dengan jumlah tersebut terkumpul Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp306.706.500.

"Jumlah piknikers naik sekitar 25 persen dibanding weekend yang lalu," jelasnya.

Pada akhir pekan sebelumnya (18-20 Februari 2022) jumlah kunjungan wisata di Bantul mencapai 25.226 orang.

Sedangkan untuk weekend kemarin, jumlah yang berkunjung ke kawasan Parangtritis saja sebanyak 27.498 orang.

Sisanya berkunjung ke pantai wilayah barat seperti Pantai Samas, Pantai Baru, dan sekitarnya.

Sementara itu untuk data jumlah kunjungan selama satu pekan (21-27 Februari 2022) terdapat 44.017 wisatawan dengan pendapatan yang diterima sebesar Rp 427.685.750.

Baca juga: Ribuan Pelancong Sambangi Malioboro Selama Long Weekend Isra Miraj 

Angka ini naik sekitar 24 persen dibanding kunjungan seminggu sebelumnya (14-20 Februari).

"Dalam satu pekan kemarin terdapat 38.926 piknikers mengunjungi kawasan Parangtritis. Kenaikan ini diperkirakan Karena long weekend dan ada event upacara tradisi Melasti," terangnya.

Adapun sebagai rangkaian menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1944 (2022 Masehi), Umat Hindu di Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul pada Minggu (27/2/2022) kemarin

Upacara tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menghapuskan segala kotoran, baik itu kotoran pikiran, perkataan, maupun perilaku untuk membersihkan buwana alit (diri) dan buwana agung (alam semesta), agar dijauhkan dari segala bentuk mara bahaya.

Selain adanya upacara Melasti, Dinas Pariwisata Bantul menyebut peningkatan wisatawan akhir pekan ini karena long weekend atau libur panjang dalam rangka Isra Mi'raj yang jatuh pada hari
Senin (28/2/2022).

"Dibanding Senin biasa, dipastikan ada peningkatan jumlah wisatawan," tandasnya.

Sementara itu, Purwo Harsono, selaku ketua Koperasi Notowono atau wadah pengelola wisata Dlingo dan sekitarnya mengatakan jumlah pengunjung selama satu pekan terakhir ini sebanyak 17.910 orang.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari sejumlah objek wisata seperti Gunung Pengger, Puncak Becici, Lintang Sewu, Pinus Asri, Pinus Ssri, Seribu Batu dan Bukit Panguk.

Sementara satu pekan sebelumnya wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata tersebut tercatat sebanyak 17.084.

"Dari sisi daya tarik wisata kita tidak ada perubahan signifikan tetap masih sama, tapi peningkatan kunjungan wisatawan ini mungkin karena termasuk libur panjang," tandasnya. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved