Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Bantul Abdul Halim Launching Aplikasi BOS, Makanan Enak Khas Bantul Bisa Dibeli di sini

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih resmi launching atau meluncurkan aplikasi Bantul Online Shop (BOS) di Bantul Command Center.

Penulis: DNA | Editor: Sri Noviyanti
Dok Instagram @AbdulHalimMuslih
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mencoba aplikasi BOS untuk memesan nasi goreng. 

TRIBUNJOGJA.comBupati Bantul Abdul Halim Muslih resmi launching atau meluncurkan aplikasi Bantul Online Shop (BOS) di Bantul Command Center, Lantai Tiga Diskominfo Kabupaten Bantul, Selasa (22/2/2022).

BOS adalah aplikasi penjualan berbasis marketplace pada era digital. Tujuannya untuk mempermudah orang dalam melakukan jual-beli komoditas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bantul dari jarak jauh melalui jaringan internet.

Abdul mengatakan, aplikasi BOS dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh barang dengan lebih mudah, cepat, dan terjamin kualitasnya.

Utamanya, sebut dia, dalam mempermudah transaksi jual-beli produk Bantul yang dibutuhkan konsumen. Sebab, sebagai marketplace, BOS berguna untuk menjadi wadah jualan produk UMKM hingga ajang promosi berbagai jajanan kuliner tradisional khas Bantul

“Aplikasi BOS juga memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk mengukur kualitas produk UMKM di Bantul. Ini karena seluruh produk yang akan dipasarkan harus diverifikasi terlebih dahulu,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Tribunjogja.com, Jumat (25/2/2022).

Untuk diketahui, sejauh ini sudah terdapat beberapa makanan khas asli Bantul yang dijual di aplikasi BOS.

1. Geplak

Geplak, makanan khas Bantul.
Geplak, makanan khas Bantul.

Geplak merupakan salah satu makanan ciri khas Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula jawa. Camilan yang biasa dikemas dengan aneka warna ini memiliki rasa manis dan berbentuk bulat kecil.

2. Gathot dan tiwul

Tiwul, makanan khas Bnatul.
Tiwul, makanan khas Bnatul.

Gathot dan tiwul adalah olahan makanan yang terbuat dari olahan tepung singkong dan ditaburi parutan kelapa. Rasa jajanan tradisional ini manis dan bertekstur kenyal, sangat cocok dinikmati sebagai cemilan saat berkumpul santai maupun beraktivitas.

3. Mi lethek

Mie Lethek, makanan khas Bnatul.
Mie Lethek, makanan khas Bnatul.

Mi lethek adalah mi berbahan tepung singkong yang biasa diolah menjadi mi rebus dengan ciri khas warna cenderung kusam dan berkuah kental. Karena memiliki cita rasa gurih dan mengenyangkan, mi lethek terasa lebih nikmat disantap saat cuaca dingin.

Jika ingin mencicipi cita rasa otentik mi lethek khas Bantul, pembeli bisa memesannya lewat aplikasi BOS dalam bentuk kemasan instan siap masak lengkap dengan bumbunya.

4. Produk ciri khas UMKM lokal Bantul

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved