Berita Sleman Hari Ini

Pemkab Sleman Gelar Bimtek Kearsipan Berbasis Aplikasi 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi)

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di RM. Pringsewu, Mulungan, Mlati, Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Bimtek yang menghadirkan Narasumber Arsiparis Madya dari ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) ini digelar di RM. Pringsewu, Mulungan, Mlati, Sleman selama dua hari, tanggal 22-  23 Februari 2022.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman, Dra.Sri Wantini menyampaikan, bimtek aplikasi Srikandi ini sangat menunjang kegiatan bidang Kearsipan Dinamis dalam penyelenggaraan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

"Kegiatan Bimtek Srikandi ini diikuti seluruh perangkat daerah di Kabupaten Sleman ," kata dia. 

Baca juga: Pemkab Sleman Gelar Program Merdeka Belajar Melalui Minat Khusus Siswa

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) ini melalui keputusan Menpan-RB nomor 679/2020 telah ditetapkan sebagai aplikasi umum bidang Kearsipan Dinamis.

Pemerintah daerah dapat menerapkan Aplikasi ini di lingkungan instansi masing masing.

Satu di antara manfaat Teknologi Informasi dalam pengelolaan arsip adalah menuju paperless society dan menghemat ruangan atau sarana prasarana, dari gedung ke server  sekaligus ramah lingkungan.

Kabid Pengembangan Sistem dan Pelayanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman , Yuni Prasetyo Budi Ilmawan mengatakan, kegiatan bimtek aplikasi srikandi ini sangat mendukung dalam percepatan tata kelola kearsipan yang baku dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

"Selain itu, mewujudkan kelancaran komunikasi kedinasan secara elektronik antar pencipta arsip melalui koordinasi, integrasi dan sinkronisasi guna mendukung penyelenggaraan reformasi birokrasi," terang dia. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved