Tanpa Perlu Meniksa Tubuh, Begini 10 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Anda bisa menurunkan berat badan tanpa melakukan diet. Kuncinya adalah membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda. 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Ilustrasi 

Tribunjogja.com -Menurunkan berat badan merupakan perkara yang gampang-gampang susah.

Ada banyak cara menrunkan berat badan mulai diet hingga menerapkan tips-tips gaya hidup sehat tertentu.

Biasanya ketika menurunkan berat badan dengan cara diet, orang kebanyakan mengeluh tersiksa apalagi bagi yang doyan makan.

ilustrasi
ilustrasi (clinicarenova.com)

Nah, berikut ini cara menurunkan berat badan tanpa diet yang bisa Anda lakukan adalah menurunkan berat badan secara perlahan-lahan. 

Mengutip WebMD, banyak ahli mengatakan, Anda bisa menurunkan berat badan tanpa melakukan diet.

Kuncinya adalah membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda.  Berikut 10 langkah sederhana dan tidak menyiksa, yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan diet

1. Sarapan setiap hari 

Sarapan rutin setiap pagi bisa Anda gunakan sebagai cara menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan dalam takaran ideal. 

"Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori, tetapi mereka biasanya justru jadi makan lebih banyak sepanjang hari," ujar  Elizabeth Ward, penulis The Pocket Idiot's Guide to the New Food Pyramids.  Ward mengatakan, sebuah studi menunjukkan, orang yang sarapan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah ketimbang yang melewatkan sarapan. 

Selain itu, mereka yang sarapan juga bisa berkinerja lebih baik, baik di sekolah maupun ruang rapat.  Ward menyarankan untuk mengonsumsi semangkuk sereal gandum utuh dengan buah dan produk susu rendah lemak pada porsi sarapan. Selain bergizi, menu ini mudah dibuat dan tak membutuhkan waktu lama dalam pengolahannya.  

2. Tutup dapur di malam hari

Tetapkan waktu kapan Anda akan berhenti makan sehingga tidak akan kembali ke hobi lama mengunyah kudapan larut malam atau ngemil sembarangan saat menonton televisi.  Jika ingin menyantap makanan manis selepas makan malam, alternatif sehatnya Anda bisa minum secangkir teh dan menghisap sepotong permen keras atau menikmati semangkuk kecil es krim ringan atau yogurt beku.  Lalu, gosok gigi Anda. Dengan demikian Anda tak akan tergoda untuk kembali makan atau minum apapun.

3. Pilih kalori cair dengan bijak

  Minum minuman manis tentu berdampak penumpukan kalori, tapi tidak mengurangi rasa lapar layaknya makan makanan padat.  Alternatifnya, konsumsi air, air soda dengan jeruk, susu skim atau rendah lemak, atau jus buah asli dalam porsi kecil.  Bisa juga dengan segelas jus sayuran bergizi dan rendah kalori untuk menahan rasa lapar di antara waktu makan. Lalu, kurangi konsumsi alkohol karena kalorinya bisa bertambah dengan cepat.  

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved