Breaking News:

Widya Robotics Hadirkan Teknologi Terbaru Dukung Pertambangan di Indonesia

Widya Robotics melihat perlu adatran sformasi di sektor pertambangan ini untuk meningkatkan kapasitas distribusi dan produksi tanpa biaya distribusi.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Hari Susmayanti
IST
Widya Robotics Hadirkan Teknologi Terbaru Dukung Pertambangan di Indonesia 

TRIBUNJOGJA.COM - Perusahaan artificial intelligence, automations dan robotics asal Yogyakarta, Widya Robotics menciptakan teknologi terbaru yang mendukung sektor pertambangan di Indonesia yakni Widya Load Scanner Portable.

Teknologi ini lahir lantaran Widya Robotics melihat perlu adanya transformasi pada sektor pertambangan ini untuk meningkatkan kapasitas distribusi dan produksi tanpa menambah biaya distribusi.

Sekadar informasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, produksi batu bara di Indonesia mencapai 606,22 juta ton di tahun 2021.

Jumlah ini meningkat 7,2 persen dari tahun 2020 sebesar 565,69 juta ton.

Batu bara dari kontraktor dihitung berdasarkan laporan muatan setiap truk distribusi. Sedangkan lokasi-lokasi penambangan yang tersebar dan luas menambah pengeluaran dana bagi kontraktor untuk proses distribusi batubara dari lokasi penggalian kemudian ke jembatan timbang untuk dilanjutkan ke lokasi produksi.

Saat ini, proses penghitungan  masih dilakukan dengan cara manual menggunakan jembatan timbang. 

Dengan menggunakan Widya Load Scanner Portable, dapat menghitung muatan truk hanya dalam waktu 6 menit.

Sedangkan untuk cara konvensional memakan waktu tiga kali lipatnya atau lebih.

Alat ini menjadi solusi untuk resiko akurasi penghitungan muatan hasil penambangan yang kurang tepat, biaya penghitungan yang mahal, waktu penghitungan yang lama dan keamanan pada proses penghitungan.

Setelah dikembangkan dari versi sebelumnya, Widya Load Scanner Portable alat pengukur volumetrik muatan truk ini dapat dengan mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat sehingga mendukung lokasi penambangan yang berpindah-pindah.

Baca juga: Update Peta Sebaran Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Jumat 11 Februari 2022, DKI Jakarta Tertinggi

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved