Liga Inggris

CHELSEA: Inilah Alasan Kepa Arrizabalaga Bisa Dilepas di Musim Panas

Namun Edouard Mendy telah kembali ke skuad setelah memenangkan Piala Afrika bersama Senegal, sehingga Kepa diperkirakan akan kehilangan tempat awalnya

Penulis: Joko Widiyarso | Editor: Joko Widiyarso
Paul ELLIS / AFP
Penjaga gawang Chelsea Kepa Arrizabalaga menggantikan Edouard Mendy di babak akhir perpanjangan waktu saat pertandingan sepak bola Piala Super UEFA antara Chelsea dan Villarreal di Windsor Park di Belfast pada 11 Agustus 2021. 

TRIBUNJOGJA.COM - Chelsea disebut akan mempertimbangkan untuk menjual Kepa Arrizabalaga di jendela transfer musim panas, meskipun performanya gemilang baru-baru ini.

Pemain Spanyol ini bisa dibilang menjadi pemain terbatik dalam dua penampilan terakhirnya saat Chelsea mengalahkan Plymouth di babak keempat Piala FA dan Al Hilal 1-0.

Kemenangan semifinal Piala Dunia Antarklub itu membuat Kepa mencatatkan tujuh clean sheet dalam 13 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Namun Edouard Mendy telah kembali ke skuad setelah memenangkan Piala Afrika bersama Senegal, sehingga Kepa diperkirakan akan kehilangan tempat awalnya untuk final Piala Dunia Antarklub melawan Palmeiras.

Keputusan kejam terhadap Kepa itu tidak terlalu adil dan itu adalah tanda bahwa menahan dua kiper ambisius dan berkualitas yang mampu menjadi nomor satu tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang.

Kepa Arrizabalaga melakukan penyelamatan di semifinal Piala Dunia Klub FIFA 2021 antara Al-Hilal vs Chelsea di stadion Mohammed Bin Zayed di Abu Dhabi, pada 9 Februari 2022.
Kepa Arrizabalaga melakukan penyelamatan di semifinal Piala Dunia Klub FIFA 2021 antara Al-Hilal vs Chelsea di stadion Mohammed Bin Zayed di Abu Dhabi, pada 9 Februari 2022. (Giuseppe CACACE / AFP)

Lantaran Mendy telah memastikan posisinya di antara yang terbaik di dunia dalam waktu cepat, Chelsea berpeluang melepas Kepa di musim panas dan The Blues akan menungggu peminatnya.

Sebenarnya, itu adalah kabar baik bagi Chelsea yang dapat menguangkan pemain yang mereka tebus £ 71 juta ($ 96 juta) setelah membawanya dari Athletic Club empat tahun lalu.

Ini juga merupakan kabar baik bagi Kepa yang telah kembali ke perfroma terbaiknya dan menunjukkan dia adalah penjaga gawang yang lebih baik daripada ketika Chelsea merekrutnya.

Kiper yang digantikan Kepa untuk musim 2018-19, Rob Green, terkesan dengan bagaimana mantan rekan setimnya itu menanggapi kritik yang dia terima selama Frank Lampard bertanggung jawab di Stamford Bridge.

"Dunia yang kita tinggali sekarang adalah salah satu yang ekstrem," kata Green, dikutip Tribunb Jogja dari Goal Global. "Ini terutama berlaku di dunia penjaga gawang.

“Jika Anda memiliki momen buruk sebagai penjaga gawang, kita (dianggap) penjaga gawang yang jelek selamanya. Itulah perbedaan di dalam dan di luar.

Striker Liverpool Senegal Sadio Mane (kiri) mencetak gol kedua mereka melewati kiper Spanyol Chelsea Kepa Arrizabalaga selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Chelsea dan Liverpool di Stamford Bridge di London pada 20 September 2020.
Striker Liverpool Senegal Sadio Mane (kiri) mencetak gol kedua mereka melewati kiper Spanyol Chelsea Kepa Arrizabalaga selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Chelsea dan Liverpool di Stamford Bridge di London pada 20 September 2020. (NEIL HALL / POOL / AFP)

“Di bawah Frank (Lampard), itu tidak diselesaikan. Ada pertandingan dengan enam atau tujuh gol. Itu hal pontang-panting di kali.

"Kini, Kepa kembali bermain dengan kontrol yang lebih besar. Ini lebih bisa diprediksi.

“Anda tidak terlalu khawatir. Anda bermain dengan pertahanan yang lebih solid dan basis yang lebih baik. Ini cocok untuk memantapkan penjaga gawang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    2
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    3
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    4
    Persib
    18
    11
    3
    4
    31
    25
    5
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved