Berita Kota Yogya Hari In

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Damai di Tugu Pal Putih untuk Kecam Kejahatan Jalanan

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara DIY menggelar aksi damai di simpang Tugu Pal Putih

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
BEM Nusantara DIY menggelar aksi damai mengecam radikalisme dan kejahatan jalanan, di simpang Tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta, Kamis (3/2/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara DIY menggelar aksi damai di simpang Tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta, Kamis (3/2/2022).

Aksi digelar dalam rangka mengecam segala bentuk kejahatan jalanan, hingga radikalisme.

Ketua BEM Nusantara DIY Achmad Mubarok menyampaikan, akhir-akhir ini, seringkali menyeruak tindakan radikalisme, intoleransi, terorisme, separatisme, hingga aksi kejahatan jalanan yang semakin masif di tanah air.

Pihaknya pun mendukung penindakan dari aparat kepolisian.

Baca juga: Lintasan Atletik di Stadion Tridadi Sleman Bakal Dibangun Berstandar Internasional 

"Kami BEM Nusantara siap bersinergi dengan jajaran Polda DIY dalam menjaga kondusifitas kamtibmas, dan keutuhan NKRI, terutama di wilayah Yogyakarta," ujar Achmad Mubarok .

Ia memaparkan, beberapa poin yang jadi titik berat dalam aksi damai ini antara lain, mengutuk keras segala bentuk tindakan terorisme di NKRI yang mengganggu stabilitas nasional, lalu menolak keras radikalisme dan intoleransi di lingkup pendidikan maupun masyarakat luas.

"Kami meminta pemerintah untuk turun langsung, demi memutus rantai relasi terorisme dalam dunia pendidikan, khususnya di Yogyakarta ini," tandas Mubarok.

"Kemudian, kami pun mengecam segala bentuk kejahatan jalanan di Yogyakarta yang mengganggu kamtibmas. Kami mendukung Polri untuk menanggulangi aksi kejahatan jalanan, demi kondusifitas Yogya," tambahnya.

Baca juga: Tangkap Peluang Investasi di Kulon Progo Dari Kemudahan Pelayanan di MPP

Menurutnya, kejahatan jalanan akhir-akhir ini teramat meresahkan warga masyarakat. Tapi, untuk mewujudkan kondusifitas wilayah, tidak hanya menjadi tanggung jawab aparatur negara saja. Ia pun menilai, semua komponen, termasuk mahasiswa, harus ikut ambil bagian.

"Karenanya, kami mengutuk keras segala bentuk aksi kejahatan jalanan yang sekarang marak terjadi di wilayah Yogyakarta. Kami berharap kepolisian bisa mengambil tindakan tegas di sana," cetus Mubarok. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved