BPO DIY Kucurkan Dana Hibah Rp 17 Miliar untuk KONI dan NPC

Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY siap kucurkan dana hibah Rp 17 miliar untuk pembinaan olahraga

TRIBUNJOGJA.COM/ Taufiq Syarifudin
Kepala BPO DIY, Priya Santosa 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY siap kucurkan dana hibah Rp 17 miliar untuk pembinaan olahraga di DIY tahun 2022 ini. 

Dana hibah itu akan diberikan kepada organisasi induk olahraga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY sebesar Rp 11 miliar, kemudian Rp 6 miliar untuk Nasional Paralympic Committee (NPC) DIY.

Namun BPO DIY berharap kedua induk organisasi itu membuat sebuah grand desain grand desain program kerja selama 4 tahunan dari kedua induk organisasi tersebut.

Baca juga: Terancam Kehilangan Pekerjaan, Pendorong Gerobak PKL di Malioboro Minta Jatah Lapak

“Kemarin setelah PON dan Peparnas berakhir, kami harapkan mereka bisa membuat grand desain program pembinaan ungtuk 4 tahun selanjutnya,” ujar Kepala BPO DIY, Priya Santosa, Selasa (25/1/2022). 

Dengan adanya grand desain program pembinaan olahraga tersebut diharaokan menjadi upaya pembinaan olahraga yang selama ini telah berlangsung bisa berjalan secara berkelanjutan.

Selanjutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) menurut undang-undang berkewajiban untuk memberikan anggaran hibah, juga dapat memberikan dukungan secara pas dan tepat sesuai kebutuhan.

“Kalau program besarnya sudah ada, nanti akan ter-break down kebawah setiap tahunnya. Jadi programnya tidak sepotong-sepotong, tapi berkelanjutan. 4 tahun itu programnya seperti apa, dan tiap tahunnya seperti apa pelaksanaannya. Nanti, kami juga bisa siapkan anggarannya itu terbagi dalam empat tahun juga,” katanya.

Dana tersebut menurutnya ditujukan untuk memenuhi kebuituhan rutin setiap tahunnya bagi kedua induk organisasi tersebut. 

Mulai dari kebutuhan rutin perkantoran, hingga program pembinaan di induk organisasi dibawah KONI dan NPC. 

Selain itu dana hibah tersebut dapat diarahkan untuk pelaksanaan program pembibitan, pembinaan dan mengirimkan atlet mengikuti ajang Kejurnas atau persiapan menuju PON dan Peparnas

Baca juga: Pelatih PSS Sleman I Putu Gede Tidak Akan Mewaspadai Secara Khusus Taisei Marukawa

Adapun tahun 2022 ini, dana itu termasuk untuk membiayai pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Paralimpik Daerah (Porda) DIY yang berlangsung 1-9 September mendatang.

“Semua kami berikan agar cabor ini dapat berkontribusi meraih prestasi yang ujungnya bisa membawa nama baik bagi DIY,” tutipnya. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved