Soal Pelat Nomor Mirip Milik Polri, Arteria Dahlan : Itu Cuma Tatakan

Anggota DPR RI Arteria Dahlan menyangkal tudingan bahwa ia menggunakan plat nomor palsu yang mirip plat nomor miliik Polri

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
Istimewa
Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan 

TRIBUNJOGJA.COM - Anggota DPR RI Arteria Dahlan menyangkal tudingan bahwa ia menggunakan plat nomor palsu yang mirip plat nomor miliik Polri. Menurut dia, plat yang terpasang pada 5 unit mobil mewah tersebut hanyalah tatakan, bukan plat nomor aslinya.

"Iya kan kalau pelat nomor itu kan saya sudah katakan itukan tatakan. Tatakan itu nanti kita slot bisa pakai nomor aslinya, nomor mobil yang biasa itu, bisa pakai nomor DPR, itu tatakan itu," ungkap Arteria dalam konferensi pers di Ruang Fraksi PDI-P, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Arteria mengaku, pelat nomor kendaraan yang dipakainya jika di jalan adalah pelat seperti pada umumnya.

Tatakan itu, kata dia, hanya digunakan pada saat kendaraan terparkir di gedung DPR.

Sebanyak 5 mobil milik Anggota DPR RI Arteria Dahlan yang memiliki pelat mirip milik Polisi menjadi polemik
Sebanyak 5 mobil milik Anggota DPR RI Arteria Dahlan yang memiliki pelat mirip milik Polisi menjadi polemik (Istimewa via kompas.com)

"Enggak, kan coba bisa dilihat nanti," ajak Arteria kepada wartawan untuk melihatnya ketika mengendarai mobil di jalan.

Meski begitu, politikus PDI-P itu tidak menjelaskan mengapa ia menggunakan tatakan mobil yang menyerupai pelat dinas polisi di 5 mobilnya itu.

Arteria hanya menegaskan dirinya patuh pada aturan.

"Mudah-mudahan saya tertib, mudah- mudahan saya bisa disiplin," tutur Anggota Komisi III DPR yang membidangi urusan hukum itu.

Jerat pidana jika terbukti palsukan pelat nomor

Sebanyak 5 mobil milik Anggota DPR RI Arteria Dahlan yang memiliki pelat mirip milik Polisi menjadi polemik. Bila terbukti memalsukan pelat-pelat mobil itu, Arteria terancam hukuman pidana.

“Polri harus usut agar prinsip equality before the law berlaku,” kata Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Lima mobil mewah milik Arteria dengan pelat nomor mirip polisi yang sama persis, yakni 4196-07, tampak berjejer di parkiran Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu kemarin.

Adapun mobil-mobil itu bermerek Mitsubishi Grandis warna hitam, Toyota Fortuner warna putih, Toyota Vellfire warna hitam, Nissan X-Trail warna putih, dan Mitsubishi Pajero warna hitam.

Pada salah satu mobil yaitu mobil Toyota Vellfire, terlihat stiker bertuliskan www.arteriadahlancenter.com.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved