Breaking News:

Berita Sleman Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Sentra Jamu Gendong Gesikan Sleman 

Setelah berdialog nantinya Sandiaga Uno bersama tim akan mulai bekerja melakukan pematangan, apa saja yang dibutuhkan.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo meminum Jamu saat mengunjungi Sentra Jamu Gendong Gesikan Kalurahan Merdikejo, Sleman, Jumat (14/1/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf ), Sandiaga Uno mengunjungi Sentra Jamu Gendong , di Dusun Gesikan, Kalurahan Merdikorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Jumat (14/1/2022) petang.

Dalam kunjungan tersebut, Sandi sempat menyapa dan berdialog bersama puluhan orang yang selama ini menjadi perajin jamu tradisional.

"Saya mendapat kabar bahwa sentra ini sudah ditetapkan Kabupaten Sleman sejak 2008. Dan saat ini, Sentra Jamu Gendong ini akan dibuatkan sebagai salah satu destinasi untuk travel patern, atau pola perjalanan dalam pengembangan destinasi super prioritas Borobudur. Nah, karena akan dibangun paket wisata Sentra Jamu Gendong . Saya di sini ingin mendengar masukan para pelakunya," kata Sandi, membuka dialog dengan para pelaku jamu gendong. 

Jamu gendong di Gesikan, Kabupaten Sleman sudah ada sejak lama dan kini berkembang menjadi sentra.

Baca juga: Bikin Sehat Alami Selama Pandemi, Berikut 4 Rekomendasi Kedai Jamu di Jogja

Ada sekitar 30 orang, dalam satu Padukuhan yang menekuni pembuatan jamu tradisional.

Menurut Sandi, setelah berdialog nantinya Ia bersama tim akan mulai bekerja melakukan pematangan, apa saja yang dibutuhkan.

Program itu akan disinergikan dengan Kementerian. 

Misalnya, mengenai digitalisasi, pelatihan, paket promosi, termasuk apakah membutuhkan voucher wisata karena Kemenparekraf pada tahun lalu memiliki diskon. 

"Intinya, kami ingin Sentra Jamu Gendong ini jadi simbol kebangkitan (ekonomi)," kata dia. 

Menurutnya, kebangkitan ekonomi saat ini harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Jangan hanya ekonomi kelas atas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved