Breaking News:

Ini Aturan Lengkap Bupati Klaten Sri Mulyani terkait Kegiatan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Pemerintah Kabupaten Klaten resmi menerbitkan Instruksi Bupati (Inbup) terkait peraturan selama Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 di daerah itu

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Seorang warga saat melintas di sekitar landmark Alun-alun Klaten beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten Klaten resmi menerbitkan Instruksi Bupati (Inbup) terkait peraturan selama Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 di daerah itu.

Inbup nomor 25 tahun 2021 itu ditandatangani langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani.

Keluarnya Inbup itu sebagai tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 66 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Baca juga: Bantu Korban Semeru, Pemkab Klaten Berangkatkan 6 Dokter dan Bidan Ke Lumajang

Pada Inbup yang resmi berlakukan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 itu, terdapat 7 poin utama yang diatur.

Adapun poin-poin yang tertuang dalam Inbup itu yakni, meminta Satgas Covid-19 di masing-masing lingkungan seperti RT, RW, Desa hingga Kecamatan untuk diaktifkan kembali paling lambat 20 Desember 2020.

Melakukan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan, diantaranya tempat-tempat ibadah terutama gereja saat perayaan Natal 2021.

Kemudian, membatasi kegiatan masyarakat termasuk seni budaya dan olahraga yang berpotensi menimbulkan keramaian dilakukan tanpa penonton.

Pelarangan melakukan kegiatan bepergian keluar daerah atau mudik serta cuti oleh ASN dan BUMD di Klaten.

Menutup Alun-alun Klaten dan semua lapangan yang berpotensi menimbulkan kerumunan pada 31 Desember hingga 1 Januari 2022.

Plh Sekda Klaten, Ronny Roekmito mengatakan Inbup nomor 25 tahun 2021 berpedoman pada Inmendagri nomor 66 tahun 2021 tentang kegiatan masyarakat selama natal dan tahun baru.

Baca juga: Putar Balik Kendaraan Tak Berlaku Saat Nataru, Dishub DIY: Syarat Pelaku Perjalanan Hanya Sehat

"Berpedoman pada Inmendagri, di Inbup itu sudah diatur semuanya. Kita harapkan ASN juga tak ada yang libur ke luar kota saat itu ya," ucapnya, Minggu (19/12/2021).

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menyebut saat masa natal dan tahun baru akan ada pembatasan tapi tidak ada penyekatan di berbagai wilayah di Klaten.

"Mobilitas ataupun pengumpulan masyarakat saat tahun baru akan dibatasi, tapi tidak ada penyekatan seperti tahun lalu," ucapnya.

"Tapi saya sudah minta ASN juga tidak cuti tahunan dan bekerja sesuai jam kerjanya saja," tandasnya. (Mur)
 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved