Breaking News:

Bantu Korban Semeru, Pemkab Klaten Berangkatkan 6 Dokter dan Bidan Ke Lumajang

 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah memberangkatkan sebanyak 6 orang dokter dan bidan ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Plh Sekda Klaten Ronny Roekmito 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah memberangkatkan sebanyak 6 orang dokter dan bidan ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Para tenaga kesehatan (nakes) itu diberangkatkan guna membantu pendampingan dan penanggulangan kesehatan korban erupsi Gunung Semeru di daerah itu.

Adapun proses pemberangkatan 6 dokter dan bidan tersebut dilakukan pada Jumat (17/12/2021) pagi.

Baca juga: Putar Balik Kendaraan Tak Berlaku Saat Nataru, Dishub DIY: Syarat Pelaku Perjalanan Hanya Sehat

"Kita berangkatkan 6 orang dari IDI, IBI dan Dinkes Klaten ke Lumajang. Ini tahap pertama untuk mengawal pemberian makan bayi dan anak di masa darurat," ujar Plh Sekda Klaten, Ronny Roekmito pada TribunJogja.com, Minggu (19/12/2021).

Menurut Ronny, selain memberikan pendampingan para dokter dan bidan itu juga memberikan pelatihan kepada warga terkait pemberian makan bayi dan anak di masa darurat.

"Kita kan sudah ada pengalaman pada erupsi Merapi lalu, dan bagaimana pemberian makan bayi dan anak di masa darurat, ini tokoh-tokohnya yang kita kirim," jelasnya.

Diakui Ronny, pengiriman dokter dan bidan tersebut sudah melalui koordinasi dengan pemerintah setempat.

"Ini inisiatif kita sendiri, tentu sudah koordinasi. Untuk tahap pertama ini mereka selama 4 hari di sana karena sifatnya mendidik," ungkapnya.

Disinggung terkait keberangkatan relawan dari Klaten ke Lumajang, dijelaskan Ronny semua siap untuk berangkat.

"Kalau soal relawan kita sudah siap untuk berangkat kalau dibutuhkan akan kita berangkatkan juga. Untuk pengumpulan donasi dari ASN Klaten masih terus berproses tunggu saja," tandasnya.

Baca juga: Arus Puncak di YIA Saat Nataru Diprediksi Terjadi Pada 24 Desember 2021 dengan 9 Ribu Penumpang

Sebelumnya, Bupati Klaten Sri Mulyani menginisiasi penggalangan donasi dari ASN di Pemkab Klaten untuk meringankan beban dari korban erupsi Gunung Semeru.

"Dalam satu minggu kita kumpulkan, nanti dapatnya berapa akan kita kirimkan ke Lumajang. Ini bukan hanya untuk ASN tapi juga masyarakat kalau mau menyumbang silahkan ke bagian Kesra," jelasnya. (Mur) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved