Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Konstruksi Pembangunan Jembatan Gantung Girpasang di Lereng Merapi Klaten Sudah 80 Persen

Pada tahun 2022 mendatang, 34 warga Kampung Girpasang bakal bisa menikmati jembatan gantung itu untuk menyeberang ke Kampung Ngringin.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Seorang warga melihat proses pembangunan jembatan gantung Girpasang Lereng Merapi di Tegalmulyo, Kemalang, Klaten, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pembangunan konstruksi jembatan gantung Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sudah mencapai 80 persen.

Pada tahun 2022 mendatang, 34 warga Kampung Girpasang bakal bisa menikmati jembatan gantung itu untuk menyeberang ke Kampung Ngringin.

"Jembatan gantung ini, bulan ini selesai pembangunannya dan awal tahun sudah bisa digunakan warga dan wisatawan," ujar Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno saat ditemui di desa itu, Kamis (16/12/2021).

Menurut Sutarno, nantinya jembatan gantung itu hanya boleh dilalui dengan berjalan kaki saja.

Baca juga: Sejarah Kampung Girpasang, Surga Tersembunyi di Lereng Gunung Merapi Klaten

Sebab, jembatan gantung itu, memang didesain untuk menarik wisatawan yang ingin berfoto di atas jurang sedalam 150 meter dengan latar pemandangan Gunung Merapi.

"Itu kemarin planning dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi tidak boleh kendaraan karena itu hanya untuk jalan kaki. Kita kan wisata, jadi wisatawan jalankaki ke sana," ucapnya.

Lanjut Sutarno, jembatan gantung itu memiliki panjang sekitar 120 meter dan lebar 1,8 meter.

Jembatan itu, dibangun dengan menggunakan dana APBN dan dibangun oleh Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, warga Kampung Girpasang, Agusno berharap dengan dibangunnya jembatan gantung itu Kampung Girpasang bisa semakin berkembang dan tidak berbeda dengan kampung-kampung lainnya.

"Saya berharap ini bisa membuat kampung saya semakin berkembang dan semakin banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Baca juga: Uniknya Lembah Girpasang yang Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Klaten

Sekedar informasi, Kampung Girpasang yang berada di Desa Tegalmulyo terletak punggung bukit dan dipisahkan oleh jurang sedalam 150 meter dengan kampung sebelahnya yakni kampung Ngringin.

Selama ini, untuk akses mobilitas warga dari Girpasang ke Ngringin harus menuruni dan menaiki ribuan anak tangga.

Kemudian, Pemerintah Desa Tegalmulyo membangun gondola wisata untuk menghubungkan dua kampung itu pada awal 2021 kemarin.

Lalu, Pemerintah Kabupaten Klaten dan Pemerintah Jawa Tengah membuatkan jembatan gantung untuk menghubungkan kampung tersebut. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved