Breaking News:

Berapa Kenaikan Cukai Sigaret Kretek Mesin dan Sigaret Putih per 1 Januari 2022

Harga Rokok per 2021 Sigaret Kretek Mesin Sigaret Kretek Mesin HJE per batang: Rp 1.905

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
kemenkeu/DJBC
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menetapkan kebijakan tarif cukai hasil tembakau (CHT) mulai 1 Januari 2022 dengan kenaikan rata-rata 12 persen. 

Tribunjogja.com JAKARTA - Harga rokok mulai 1 Januari 2022 dipastikan bakal naik seiring pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyetujui untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) alias cukai rokok.

Berapa kenaikan tarif cukai rokok yang ditetapkan oleh pemerintah?

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menetapkan kebijakan tarif cukai hasil tembakau (CHT) mulai 1 Januari 2022 dengan kenaikan rata-rata 12 persen.

"Bapak Presiden telah menyetujui dan sesudah dilakukan rapat koordinasi di bawah Bapak Menko Perekonomian, kenaikan cukai rata-rata rokok adalah 12 persen.

"Tapi untuk Sigaret Kretek Tangan (SKT), Presiden meminta kenaikan 5 persen, jadi kita menetapkan 4,5 persen maksimum,” ujar Menkeu secara daring dalam Press Statement Kebijakan Cukai Hasil Tembakau 2022, Senin (13/12/2021) dikutip Tribunjogja.com dari rilis Kemenkeu.

Menkeu menyebut rokok menjadi pengeluaran kedua tertinggi masyarakat miskin di perkotaan dan perdesaan setelah konsumsi beras.

Dilihat dari total pengeluaran, konsumsi rokok mencapai 11,9 persen di perkotaan dan 11,24 persen di pedesaan.

Angka tersebut lebih rendah dari konsumsi beras dan bahkan lebih tinggi dibandingkan pengeluaran untuk protein, seperti daging, telur, tempe, serta ikan.

"Sehingga rokok menjadikan masyarakat miskin. Harga sebungkus memang dibuat semakin tidak terjangkau bagi masyarakat miskin,” ujar Menkeu.

Berikut besaran harga jual eceran (HJE) rokok untuk tiap golongan di bawah ini baik per batang maupun per bungkus (1 bungkus isi 20 batang) dilansir dari Kompas.com

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved