Breaking News:

Pandemi Covid 19

Studi Ahli : Tiga Dosis Vaksin Jadi Kunci Hadapi Omicron

Vaksin tetap memberikan perlindungan yang baik utamanya terhadap gejala Covid parah yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
SHUTTERSTOCK/natatravel
Ilustrasi varian Omicron 

TRIBUNJOGJA.COM - Para ilmuwan Inggris memperingatkan bahwa dua dosis vaksin covid-19, kemungkinan tidak cukup kuat untuk menghentikan penyebaran varian Omicron. Menurut mereka, varian baru tersebut bisa dikendalikan paling tidak dengan tiga kali dosis vaksin.

Salah satu kekhawatiran utama sejak varian Omicron yang sangat bermutasi pertama kali muncul adalah bahwa hal itu akan membuat vaksin menjadi kurang efektif.

Hal itu diperoleh dari laporan Badan Keamanan Kesehatan Inggris yang telah menganalisis data dari 581 kasus Omicron dan ribuan kasus Delta untuk menghitung seberapa efektif vaksin terhadap varian baru tersebut.

Sebagaimana dilansir BBC News, Minggu (12/12), analisis ini memang didasarkan pada data yang terbatas, tetapi menunjukkan penurunan dramatis dalam efektivitas untuk vaksin Oxford-AstraZeneca dan penurunan yang signifikan untuk dua dosis Pfizer.

Sementara itu, tidak ada cukup data untuk menganalisis vaksin Moderna atau Janssen.

Tetapi menurut mereka tidak ada alasan untuk berpikir bahwa vaksin-vaksin tersebut akan memiliki hasil yang berbeda.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan lantaran Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan bahwa vaksin tetap memberikan perlindungan yang baik utamanya terhadap gejala Covid parah yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Data lainnya menunjukan bahwa ada pengurangan 40 kali lipat dalam kemampuan antibodi dari orang yang divaksinasi ganda untuk mengeluarkan virus.

Namun, gelombang Omicron bisa menjadi masalah meskipun memiliki gejala lebih ringan.

Gelombang besar dan tiba-tiba dapat menyebabkan semua orang yang masih rentan membutuhkan perawatan di rumah sakit secara bersamaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved