Breaking News:

Warga Perbaiki Pipa Air Bersih yang Rusak Kena Banjir Lahar Hujan di Lereng Gunung Merapi Sleman

Banjir lahar hujan yang melanda kawasan lereng Gunung Merapi menghantam pipa penyalur air dari mata air Umbul Wadon di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Ahmad Syarifudin
Warga Mulai melakukan perbaikan swadaya jaringan air bersih di Umbul Wadon agar air bisa mengalir, Senin (6/12/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Banjir lahar hujan yang melanda kawasan lereng Gunung Merapi menghantam pipa penyalur air dari mata air Umbul Wadon di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman.

Akibatnya, instalasi jaringan air bersih mengalami kerusakan cukup parah (terputus). Imbasnya, suplai kebutuhan air bagi warga di Kalurahan Umbulharjo dan Hargobinangun macet. 

Warga bergotong-royong melakukan perbaikan. Pantauan Tribun Jogja, dilokasi Umbul Wadon sejumlah warga melakukan perbaikan jaringan air secara swadaya.

Mereka berupaya menyambung pipa-pipa air yang terputus.

Sarju, salah satu warga mengatakan, air sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari. Karenanya, ketika aliran macet butuh segera dilakukan perbaikan. 

Baca juga: Diterjang Lahar Hujan, Perbaikan Jaringan Air Bersih di Lereng Gunung Merapi Sleman Dimulai

"Sekarang diperbaiki, meskipun masih sementara. Darurat. Yang penting bisa mengalir dulu," kata Sarju, sembari memegang pipa.

Menurutnya pipa tersebut merupakan sambungan air yang dialirkan untuk warga Sidorejo, Umbulharjo. 

Upaya perbaikan sebenarnya sudah dimulai dengan menerjunkan alat berat. Saat ini, alat berat sedang membangun jalan menuju lokasi Umbul Wadon.

Proses ini butuh waktu. Mengingat, kontur medannya perbukitan sehingga alat berat membutuhkan waktu membangun jalan dengan menyusuri bukit di sepanjang aliran Kali Kuning.

Nur Cahyo, Petugas perbaikan dan pengamanan mata air dari Kalurahan Umbulharjo mengatakan, alat berat jenis eskavator diturunkan untuk membuat tanggul pengaman di sekitar Umbul Wadon dan jaringan bersih warga.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved