Breaking News:

Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Ketua Komisi A DPRD DIY Tebar 10.400 Ikan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan DIY di Sungai Winongo

Bibit ikan lokal yang ditebar di sungai Winongo sebanyak 10.400 ekor yang merupakan hasil budidaya dari UPTD pada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. 

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Eko Suwanto
Proses pelepasan 10.400 benih ikan di sungai Winongo Kota Yogyakarta, Senin (6/12/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menebar 10.400 bibit ikan lokal di sungai Winongo, Badran, Kota Yogyakarta, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, satu di antara cara mendapatkan sumber pangan sehat, masyarakat harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara gemar makan ikan

“Jadi, salah satu upaya melawan Covid-19, selain patuh jalankan protokol kesehatan. Kita ajak masyarakat lebih gemar makan ikan, jadi menu sumber makanan sehat dan bergizi tinggi. Nah pagi ini kita tebar 10.400 bibit ikan di Sungai Winongo. Ayo ikannya dirawat dengan merawat sungai tetap bersih dan tidak boleh buang sampah ke sungai,” ujarnya.

Acara tebar benih ikan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.

Baca juga: Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Dukung Peningkatkan Kesejahteraan Guru

Eko Suwanto menyebut, bibit ikan lokal yang ditebar di sungai Winongo sebanyak 10.400 ekor.

Terdiri dari jenis ikan wader, nila, sepat, tawes dan uceng. 

Bibit ikan ini merupakan hasil budidaya dari UPTD pada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY

Dia berharap, bibit ikan yang ditebar itu dapat beradaptasi dan berkembang serta tumbuh sehingga menambah populasi ikan di sungai.

Menurut pria yang sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta ini menegaskan, agar bibit ikan itu dapat hidup dan berkembang biak, maka air sungai jangan sampai tercemar sampah dari warga. 

“Jangan buang sampah sembarangan. Tumpukan sampah seperti itu harus jadi perhatian pemda. Pemda perlu senantiasa mengajak masyarakatnya merawat kebersihan sungai,” katanya.

Baca juga: Komisi A DPRD DIY Gembira Jaga Warga Rajin Ingatkan Warga Taati Prokes Cegah Covid-19

Dirinya mengakui, dalam mengelola kelestarian sungai tidak bisa dilakukan seorang diri, oleh karenanya perlu kerjasama antara pemda dengan dinas terkait, sehingga ikan-ikan disungai tetap hidup dan dikonsumsi masyarakat sekitar. 

“Kamj ajak masyarakat membangun kesadaran bersama. Ajak setiap orang supaya tidak buang sampah sembarangan,” kata dia.

Heri Sulistyo Hermawan, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY menilai pentingnya ekosistem perairan sungai  dijaga agar ikan dan biota lainnya bisa tumbuh secara baik.  

"Untuk pelaksanaan program ini tidak bisa dilakukan sendiri. Harus lintas sektor dan jadi tanggung jawab bersama dalam pelestarian ekosistem sungai," kata Heri Sulistyo Hermawan. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved