Breaking News:

Berita Bantul Hari Ini

Ratusan Warga Sanden Bersihkan Pantai untuk Sambut Nataru

Kegiatan ini juga merupakan ide dari Panewu Sanden untuk menyongsong Bantul bebas sampah pada tahun 2025.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Warga bergotong royong membersihkan pantai di Pantai Goa Cemara, jumat (3/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Ratusan warga masyarakat dari berbagai elemen di Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul melaksanakan gebrak sampah di Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansari dan Pantai Samas, Jumat (3/12/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo ini dalam menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru) yang hanya tinggal beberapa minggu lagi.

Joko mengatakan jika kegiatan bersih sampah di kawasan pantai merupakan satu di antara bentuk rasa nasionalisme kepada bangsa dan negara, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Bantul guna menyongsong Bantul Bersih Sampah 2025.

Kegiatan ini juga merupakan ide dari Panewu Sanden untuk menyongsong Bantul bebas sampah pada tahun 2025.

Baca juga: Pemkab Bantul Didorong Kembangkan Potensi Wisata

"Apalagi pantai adalah aset kita semua dan harapannya aset tersebut betul-betul kita jaga demi mewujudkan Bantul yang ramah lingkungan, ramah di bidang pariwisata dan tentunya bisa memberikan yang terbaik untuk para wisatawan yang berkunjung di kawasan pantai selatan," ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa kepemilikan pantai selatan berada di Keraton Yogyakarta dan masyarakat diberi kesempatan untuk melakukan pemberdayaan, maka aset keraton ini harus dijaga sebaik mungkin.

"Kita jaga kewibawaan Ngarso Dalem, Keraton Yogyakarta. Kita harus bisa menjadi "kawulo" yang baik untuk mewujudkan Yogyakarta yang istimewa, Bantul yang istimewa dan Bantul yang Projotamansari," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Bantul juga mengingatkan masyarakat dan pelaku pariwisata untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pelaku wisata juga diharapkan dapat mengingatkan wisatawan yang datang agar taat protokol kesehatan, sehingga tidak terjadi penularan Covid-19 khususnya diobjek wisata.

Baca juga: Beri Warning ke Wisatawan, Sahabat Ganjar Gulirkan Aksi Bersih-bersih Pantai Parangtritis Bantul

"Nataru tidak ada objek wisata di Bantul yang ditutup namun ada sejumlah aturan yang harus diaati pelaku wisata dan wisatawan agar tidak terjadi penularan Covid-19. Kami tidak ingin ada gelombang ketiga Covid-19 di Bumi Projotamansari," tegasnya.

Sementara Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono mengatakan, selain untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai, kegiatan ini juga sebagai momentum untuk mengingatkan akan kelestarian lingkungan yang selama ini telah memberikan rejeki bagi masyarakat pesisir.

"Dengan lingkungan yang tetap terjaga, wisatawan tidak akan bosan berkunjung, akan banyak penyu yang bertelur di kawasan Pantai Goa Cemara hingga Pantai Samas yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," imbuhnya.( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved