Kumpulan Kata-kata Indah Kiai Haji Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyah

Kiai Haji Ahmad Dahlan atau nama aslinya Muhammad Darwis merupakan pahlawan Indonesia sekaligus pendiri Muhammadiyah.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Tribunnews.com
Sosok Kiai Haji Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyah 

Tribunjogja.com - Kiai Haji Ahmad Dahlan atau nama aslinya Muhammad Darwis merupakan pahlawan Indonesia sekaligus pendiri Muhammadiyah. Ahmad Dahlan lahir di Yogyakarta pada 1 Agustus 1868 dan meninggal pada 23 February 1923.

Beliau merupakan putera keempat dari tujuh bersaudarah dari  keluarga K. H. Abu Bakar. Sebagaimana KH Abu Bakar merupakan seorang ulama dan khatib terkemukah di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta pada saat itu.

Sedangkan ibu dari Kiai Haji Ahmad Dahlan merupakan puteri dari H. Ibrahim yang pula menjabat penghulu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat pada saat itu.

Selain itu, KH merupakan keturunan yang kedua belas dari Maulana malik Ibrahim, yang adalah salah seorang terkemuka diantara Walisongo atau dalam artian pelopor penyebaran agama Islam di Jawa.

Saat umur 15 Tahun Kiai Haji Ahmad Dahlan pergi ke Mekah selama lima tahun, pada saat di Mekah sebagaimana mengutip di Wikipedia; mulai berinteraksi dengan pemikiran-pemikiran pembaharu dalam Islam, seperti Muhammad Abduh, Al-Afghani, Rasyid Ridha dan Ibnu Taimiyah. Ketika pulang kembali ke kampungnya tahun 1888, ia berganti nama menjadi Ahmad Dahlan.

Selanjutnya, tahun 1903 Kiai Haji Ahmad Dahlan bertolak ke Mekah serta menetap selama dua tahun. Pada periode ini, Kiai Haji Ahmad Dahlan sempat berguru dengan Syeh Ahmad Khatib yang merupakan juga guru dari pendiri Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asyari. Tepat pada tahun 1912 Kiai Haji Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di kampung Kauman, Yogyakarta.

Hingga saat ini Muhammadiyah yang didirikan oleh beliau masih tetap eksis dan berkembang. Mulai dari sector Pendidikan, Rumah Sakit, hingga social Muhammadiyah masih memberikan kontribusi besar terhadap bangsa Indonesia.

Untuk itu, beberapa kata-kata indah dari Kiai Haji Ahmad Dahlan ini dapat Anda baca barang tentu Anda dapat memetik makna yang ada di perkataan beliau. Berikut ini Tribunjogja.com menyadur dari jagokata.com kata-kata dari Kiai Haji Ahmad Dahlan:

1.    Teladan yang baik adalah khotbah yang jitu.

2.    Kita tidak mewarisi dosa siapapun dan tidak akan ada seorangpun yang akan mewarisi dosa-dosa kita.

3.    Ketika kita menyadari bahwa Nabi Muhammad telah mati, kita harus tetap berusaha menghidupkan teladannya.

4.    Tolong-menolong adalah sikap orang Islam dalam aksi.

5.    Keislaman bukan hanya Allah ada di dalam jiwamu tetapi kehidupan Islam menjadi nyata melalui perilakumu.

6.    Untuk memiliki hidup yang sempurna, bersandarlah kepada ajaran agama Allah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved