Rencana PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru 2022, Begini Respon Bupati Klaten Sri Mulyani

Rencana PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru 2022, Begini Respon Bupati Klaten Sri Mulyani

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani saat ditemui di RSUD Bagas Waras, Klaten, Selasa (2/11/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah pusat berencana untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 serentak di seluruh wilayah pada akhir tahun nanti.

Rencana itu, diambil untuk menghindari potensi lonjakan kasus Covid-19 pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan jika daerah yang ia pimpin siap untuk menindaklanjuti rencana tersebut karena dinilai merupakan kebijakan yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita kan pernah di level 3 dan 4. Wacana akhir tahun diberlakukan PPKM Level 3 itu kan instruksi pusat, kebijakan ini kan bagus dan kami dari pemerintah daerah siap menindaklanjuti karena ini untuk antisipasi nataru nanti," ujarnya saat ditemui TribunJogja.com di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (22/11/2021).

Mulyani menyampaikan, pihaknya bakal segera menggelar koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jika rencana PPKM Level 3 itu diberlakukan pada libur Nataru.

"Jadi kami siapkan segala sesuatunya, koordinasi dengan OPD, Forkopimda, yang mesti kita tindaklajuti atau patuhi, yakni bagaimana kita mematuhi protokol Covid-19," ulasnya.

Baca juga: Hasil Tes Swab Acak Pelajar, Disdik Klaten Tak Temukan Kasus Positif Covid-19

Baca juga: UMK Klaten 2022 Diusulkan Naik Jadi Rp 2.015.623

Disinggung terkait objek wisata di Klaten pada akhir tahun nanti, pihaknya juga belum bisa memastikan apakah mendapat izin buka atau tidak.

Pasalnya, pemerintah kabupaten Klaten juga akan mengikuti instruksi dari pemerintah pusat.

"Terkait objek wisata, akan kita lihat nanti karena kebijakan pemerintah pusat kan belum turun seperti apanya. Kalau saat ini kita di level 2 yang mana objek wisata masih dibuka dengan pembatasan-pembatasan yang ada," papar Bupati Klaten 2 periode itu.

Menurut Mulyani, Pemerintah pusat nantinya bakal mengeluarkan peraturan teknis mengenai operasional objek wisata saat Natal dan tahun baru 2022.

"Pemerintah pusat nanti tentu akan mengeluarkan juklak dan juknisnya, nanti kita ikuti. Intinya kita harus pola hidup bersih dan sehat selama pademi ini," urainya.

Terakhir, Mulyani menegaskan jika secara prinsip Kabupaten Klaten siap untuk menerapkan PPKM Level 3 atau pun PPKM Level 4 untuk menekan penularan Covid-19 pada akhir tahun ini.

"Prinsipnya kita sudah siap, karena dulu kita pernah berada di PPKM Level 3 atau PPKM Level 4," tandas Mulyani.

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved