Breaking News:

Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Bupati Indramayu Kunjungi Kabupaten Magelang, Ingin Mengadopsi Keberhasilan BPR dan Balkondes 

Bupati Indramayu, Nina Agustina beserta rombongan jajaran Kepala OPD Pemkab Indramayu berkunjung ke Kabupaten Magelang.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Indramayu, Nina Agustina beserta rombongan jajaran Kepala OPD Pemkab Indramayu berkunjung ke Kabupaten Magelang.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin beserta Sekretaris Daerah, Asisten, dan para Kepala OPD terkait di Pendopo Soepardi, Setda Kabupaten Magelang, pada Jumat (19/11/2021).

Nina Agustina mengutarakan bahwa, kunjungannya bersama rombongan ke Kabupaten Magelang dalam menjalin silaturahmi dan studi banding, salah satunya terkait keberhasilan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam membina Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sehingga menjadi salah satu BPR terbaik di Indonesia.

"Jadi saya mempunyai niat ingin belajar supaya Indramayu bisa lebih baik lagi dan bisa berkembang," ungkapnya melalui rilis yang diterima Tribunjogja.com, pada Minggu (21/11/2021).

Selain itu, Nina juga ingin mengadop keberadaan dan keberhasilan pengelolaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang berada di Kawasan Borobudur.

"Mohon restunya untuk bisa mengadopsi apa yang bisa kami bawa dari Kabupaten Magelang," katanya.

Baca juga: Pemkab Magelang Tunggu Aturan Resmi Terkait Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Sementara, Bupati Magelang Zaenal Arifin sekilas menjelaskan bahwa saat ini Kawasan Borobudur telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi kawasan super prioritas pembangunan pariwisata. 

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Magelang juga ikut terus mendorong dan berupaya menggali sumber-sumber yang dapat mensejahterakan masyarakat dan juga selalu terbuka untuk bersinergi, baik itu dengan Pemerintah Pusat, Provinsi maupun daerah lain.

"Khususnya pada sektor pariwisata dan Badan Usaha Milik Daerah serta pendukung lainnya seperti Balkondes, merupakan salah satu potensi ekonomi kerakyatan yang saat ini masih terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang," jelasnya.

Selain di sektor pariwisata, lanjut Zaenal, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Magelang juga berasal dari optimalisasi pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dimana keberadaan BUMD ini sangat membantu dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Magelang.

Diketahui, terdapat 3 BUMD yang kepemilikan sahamnya 100 persen dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Magelang, yaitu PT BPR Bank Bapas 69 (Perseroda), PT Aneka Usaha Kabupaten Magelang (Perseroda) dan Perumda Air Minum Tirta Gemilang.

"Khusus untuk PT BPR Bank Bapas 69 (Perseroda) telah memberikan kontribusi berupa deviden, Tahun 2021 atas hasil usaha tahun 2020 sebesar Rp 14,1 Miliar atau turun dibandingkan penerimaan deviden tahun 2020 lalu atas hasil usaha tahun 2019 sebesar Rp 18,4 Miliar akibat dampak pandemi Covid-19," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved