Breaking News:

Akses Internet di Pemkab Magelang Sudah Merata Namun Minim SDM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lakukan pemerataan akses internet di seluruh desa di wilayah

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Pelatihan SDM TIK yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Magelang bagi para kader PKK Desa pada aplikasi SIM PKK, Kamis (04/11/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lakukan pemerataan akses internet di seluruh desa di wilayahnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Endra E. Wacana menyebutkan seluruh desa di wilayah Kabupaten Magelang sudah terkoneksi jaringan internet

Data tersebut didapatkan dari hasil survei Pendataan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Desa. Survey tersebut dilakukan pada 367 responden Pemerintah Desa periode 20 Agustus sampai 8 Oktober 2021.

Baca juga: BREAKING NEWS: Mobil Artis Vanessa Angel Kecelakaan di Tol Nganjuk, Dua Orang Dilaporkan Meninggal

“Seluruh Kantor Pemerintah Desa telah memiliki koneksi internet di lingkungan Unit Kerjanya,” ujarnya ,  pada Kamis (04/11/2021). 

Menurut survei tersebut, sebagian besar desa menggunakan layanan Indihome dan jaringan internet dari Dinas Kominfo Kabupaten Magelang.

Tapi tidak sedikit juga desa yang menggunakan layanan internet lokal seperti Tidar Net dan Core Net.

“Bahkan ada juga beberapa desa yang memiliki dua jalur koneksi internet,” ungkapnya.

Namun disayangkan, ketersediaan jaringan internet tersebut tidak diimbangi dengan kapasitas sumber daya manusi (SDM) di bidang TIK pada kantor pemerintahan desa. 

Menurutnya, untuk mendorong Program Digitalisasi Desa, diperlukan tenaga teknis atau operator TIK yang memadai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved